Tampilkan di aplikasi

Mama sulit hamil? Jangan-jangan faktor keturunan

Tabloid Nakita - Edisi 968
23 Oktober 2017

Tabloid Nakita - Edisi 968

Coba, deh, Mama Papa selisik riwayat kesehatan keluarga masing-masing. Sulit hamil karena faktor keturunan mungkin saja terjadi. / Foto : iStock

Nakita
Ya, riwayat kesehatan keluarga Mama dan Papa merupakan salah satu faktor yang perlu diperhitungkan manakala kehamilan yang dinanti-nanti tak kunjung datang. Meski tidak seluruh masalah kesuburan disebabkan oleh riwayat keluarga, susah hamil karena faktor keturunan mungkin saja terjadi. Maka, penting bagi Mama Papa untuk mengetahui beberapa hal seputar riwayat kesehatan keluarga.

Cobalah untuk berbicara dengan Mama atau bahkan nenek mengenai kehamilan mereka. Cari tahu seberapa mudah atau sulitnya mereka untuk hamil. Jika sulit, bisa jadi hal tersebut juga dialami oleh Mama. Tak hanya peluang kehamilan, Mama juga perlu menanyakan masalah- masalah saat kehamilan, semisal, efek kehamilan, seperti mual di pagi hari dan mulas. Faktor keturunan juga memengaruhi kemungkinan komplikasi, seperti preeklamsia dan diabetes.

Tak hanya itu, Ma. Kondisi bayi juga sangat mungkin dipengaruhi oleh faktor keturunan dari gen Mama atau Papa, mulai kesehatan hingga kepribadian si kecil kelak. Oleh karena itu, sangat penting bagi Mama Papa untuk memiliki pengetahuan, terutama tentang risiko kesehatan guna memantau kesehatan buah hati sejak di kandungan hingga setelah lahir. Cari tahu apakah ada kelainan kromosom atau kelainan gen dalam riwayat kesehatan keluarga.

Kesannya faktor keturunan agak menakut-nakuti Mama, ya. Apa boleh buat, Mama Papa perlu mengetahuinya sejak awal agar bisa melihat risiko kehamilan yang dihadapi. Kondisi ini juga membantu Mama Papa untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Jika telah mengetahui penyebab sulit hamil karena faktor keturunan, sebaiknya Mama Papa segera menghubungi dokter tanpa perlu menunggu waktu lama.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI