Tampilkan di aplikasi

Ini perawatan yang perlu mama lakukan agar tetap cantik

Tabloid Nakita - Edisi 972
15 November 2017

Tabloid Nakita - Edisi 972

Betul, tak banyak perawatan wajah dan tubuh yang bisa Mama lakukan seperti sebelum hamil. / Foto : iStock

Nakita
Ada banyak perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh Mama sejak awal kehamilan. Selain memengaruhi perasaan dan selera makan, perubahan hormon juga cukup berdampak pada penampilan Mama, seperti kulit dan rambut. Tak terkecuali perubahan bentuk tubuh, yang berarti berat badan Mama cenderung mengalami peningkatan, payudara yang membesar karena adanya produksi kelanjar susu, juga kaki yang sedikit membengkak saat Mama berdiri terlalu lama.

Perubahan yang terjadi pada tubuh memang bisa berbeda antara mamil yang satu dengan mamil lainnya. Bila Mama beruntung, Mama akan menjadi salah satu dari mamil yang mulai “bersinar” pada trimester kedua kehamilan, dengan kulit yang lebih cerah dan rambut yang tebal berkilau. Hanya saja, sebagian mamil bisa mengalami kondisi sebaliknya, yaitu masalah kulit berjerawat atau kusam, rambut berminyak atau rontok, yang bisa memengaruhi penampilan Mama.

Menurut George Kroumpouzos, MD, PhD, ahli dermatologi pada South Shore Medical Center di Norwell, tubuh akan mengalami banyak perubahan selama kehamilan, termasuk fluktuasi hormon yang dapat memengaruhi kulit, rambut, dan kuku. “Saat hamil, tubuh akan menghasilkan sejumlah besar faktor pertumbuhan dan memiliki aliran darah yang lebih tinggi, sehingga mungkin saja Anda akan mendapatkan kulit yang bercahaya karena aliran darah meningkat.”

Namun, tambah Kroumpouzos, peningkatan aliran darah juga bisa menyebabkan pembuluh darah pecah yang dikenal sebagai spider angioma atau bercak merah pada kulit. Sebenarnya, lanjut Kroumpouzos, hanya sedikit perempuan yang sangat beruntung bisa mengalami tampilan bersinar selama kehamilan.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI