Tampilkan di aplikasi

Waspada 6 kegiatan yang bisa merusak kulit wajah

Tabloid Nakita - Edisi 975
12 Desember 2017

Tabloid Nakita - Edisi 975

Ternyata, menggunakan ponsel di luar ruangan dapat membahayakan kulit, Ma. / Foto : iStock

Nakita
Kari Molvar, editor fesyen dan kecantikan dari oprah.com telah mengategorikan 6 aktivitas yang kelihatannya sepele dan sering dilakukan, tetapi ternyata dapat merusak kulit wajah. Apa sajakah itu? Simak berikut ini!

1. Menggunakan ponsel saat berada di luar (outdoor). Memeriksa email, meng-upload dan foto, serta menanggapi teks saat berada di luar ruangan dapat membahayakan kulit. Studi observasional menemukan, sinar UV (ultraviolet) memantul di layar kecil termasuk ponsel cerdas, iPad, Kindles, dan laptop dan bisa langsung mengarah ke wajah.

2. Membuat wajah penuh makeup. Terlalu banyak kontur, eyeshadow, dan highlighting sebenarnya bisa membuat kulit menua. “Kulit adalah organ. Memakai makeup berat mengganggu fungsi siklus sel normal dan memperlambat kemampuan kulit untuk memperbaharui diri, semuanya berkontribusi pada penuaan kulit,” kata dokter kulit Rachel Nazarian, MD.

3. Salah memilih masker dan memakai terlalu sering. Masker wajah adalah benda populer yang penjualannya di AS meningkat dua kali lipat dari 2013 sampai 2015. Namun kini semakin “aneh-aneh” dengan pilihan masker arang, masker mutiara, dan masker bambu yang sebenarnya sifat pengelupasannya sangat tinggi.

4. Senang memesan smoothies. Banyak dari kita yang memesan jus buah dan smoothies dengan alasan kesehatan atau diet. Namun ternyata, mengonsumsi makanan jenis ini juga bisa mempercepat proses penuaan. “Penelitian terbaru menunjukkan, gula merusak serat kulit, yang pada akhirnya menyebabkan kulit menua lebih cepat,” kata Nazarian.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI