Tampilkan di aplikasi

Benarkah anak perempuan lebih cepat bicara dari anak laki-laki?

Tabloid Nakita - Edisi 975
12 Desember 2017

Tabloid Nakita - Edisi 975

Itu salah satu pertanyaan favorit yang sering dilontarkan orangtua tentang perkembangan bahasa anak. / Foto : iStock

Nakita
Kemampuan bahasa anak dan bicara merupakan proses yang berjalan beriringan. Kemampuan bicara ditunjang oleh organ-organ yang terlibat dalam kegiatan bicara, khususnya organ mulut. Selain itu perkembangan bahasa ditunjang oleh kemampuan mendengar dan faktor lingkungan.

Karena itulah stimulasi dari orangtua untuk memancing, mengajak, dan melatih anak bicara, pegang peranan penting pada kemampuan bahasa dan bicara anak. Melalui bahasa, anak diajarkan untuk mengerti arti tiap kata yang dia ucapkan serta bisa menjelaskan pada orang lain, apa yang dia inginkan dan apa yang dia butuhkan, seperti minta susu, mau makan, mau pipis/pup, dan lainnya.

Dengan menguasai bahasa, anak bisa mengerti rule of communication (aturan berkomunikasi) yang akan berguna sampai dia dewasa kelak, termasuk tata cara dan sopan-santun berbahasa. Melalui bahasa, anak pun diajarkan mengekspresikan diri dan perasaannya, seperti marah atau frustrasi, tanpa harus menggunakan fisik lagi.

Jadi, kemampuan bahasa anak penting bagi anak. Masih banyak hal menarik tentang perkembangan bahasa anak yang kami sajikan dalam bentuk tanya jawab di bawah ini:

Benarkah perkembangan bicara anak perempuan lebih cepat dibandingkan anak laki-laki? Biasanya perkembangan bicara anak perempuan memang lebih cepat dibandingkan anak lelaki. Anak lelaki biasanya lebih cepat dalam perkembangan motorik, karena umumnya anak lelaki memberikan banyak energi dan konsentrasinya untuk kegiatan fisik.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI