Tampilkan di aplikasi

8 perubahan ini akan dialami setiap Mama

Tabloid Nakita - Edisi 977
15 Desember 2017

Tabloid Nakita - Edisi 977

Pascamelahirkan, kondisi kulit akan mulai membaik seiring dengan sistem kerja hormon yang kembali normal. / Foto : iStock

Nakita
Bukan hanya kehamilan, pascamelahirkan pun, setiap perempuan akan mengalami perubahan fisik, baik yang kentara maupun tidak. Setidaknya ada delapan perubahan yang tercatat. Apa saja, ya?

1. PAYUDARA MEMBESAR. Menurut Dr. Allison Hill, penulis dari Your Pregnancy, Your Way, dalam waktu sekitar tiga hari setelah melahirkan, kelenjar payudara penuh dengan susu. Payudara akan bertambah 1 atau 2 ukuran lebih besar. Pendapat yang kurang lebih sama datang dari Dr. Jennifer Browning, Direktur Medis Care for Women OB/GYN, Kingwood, Texas.

2. WAJAH KEMBALI BERSIH. Bila Mama mengalami kemerahan atau timbul jerawat di wajah ketika hamil, hal ini sebagian besar disebabkan oleh hormon ekstra. Untungnya, kondisi kulit akan mulai membaik seiring dengan sistem kerja hormon yang kembali normal.

3. UKURAN KAKI BERTAMBAH. Jika Mama memiliki kaki mungil dan selama kehamilan, ukuran kaki bertambah besar, jangan kaget, ya. “Seiring bertambahnya usia, kaki kita menjadi lebih datar dan bisa bertambah besar,” kata Browning. Faktor pada kehamilan, saat tubuh kita menahan lebih banyak air, kemungkinan kaki akan bertambah ukuran.

4. PUSAR TAK LAGI BODONG. Perut hamil yang sedang berkembang mungkin membawa perubahan besar pada bagian pusar. “Bagi banyak ibu hamil, umbilikus ‘muncul’ karena tekanan rahim di belakangnya,” kata Hill. Setelah melahirkan, saat rahim menyusut, pusar juga akan masuk lagi. Dalam kebanyakan kasus, perubahan ini memakan waktu sekitar enam minggu.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI