Tampilkan di aplikasi

Difteri: Fenomena "Zombie" masa kini

Tabloid Nakita - Edisi 977
15 Desember 2017

Tabloid Nakita - Edisi 977

Difteri merupakan penyakit yang sangat menular. Begitu menularnya, hingga setiap penderita difteri harus dirawat di ruangan isolasi. / Foto : iStock

Nakita
Belakangan ini kita dikejutkan dengan berita maraknya penderita difteri termasuk beberapa korban meninggal. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pun mengeluarkan status “Kejadian Luar Biasa” alias wabah. Terlepas dari besarnya korban KLB difteri, kejadian ini memberikan pelajaran penting bagi kita semua, bahwa difteri tetaplah difteri yang bikin ngeri!

Difteri tetaplah difteri yang pencegahan efektifnya hanya ada satu jalan: IMUNISASI. Wabah difteri ini seperti membuka mata semua orang bahwa fenomena zombie masa kini telah terpampang nyata di hadapan kita. Ya, difteri memang dikenal sebagai penyakit yang SANGAT menular.

Begitu ada satu penderita difteri, maka ia akan mencari mangsa berikutnya, terutama anak-anak yang belum pernah diimunisasi atau yang status imunisasinya tidak lengkap. Yang mencengangkan, KLB difteri ini menunjukkan bahwa program imunisasi di Indonesia masih belum berhasil.

Masih banyak hambatan dan tantangan yang harus segera diselesaikan, tentu saja ini tugas berat bagi jajaran Kemenkes RI dan membutuhkan partisipasi aktif dari semua jajaran masyarakat.

Apa istimewanya penyakit difteri? Penyakit difteri memang bukan sembarang penyakit menular. Dari perjalanan panjang peradaban manusia (epidemi difteri terjadi pertama kali pada 6 SM), penyakit difteri dikenal sebagai penyakit yang menular dan mematikan.
Tabloid Nakita di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI