Tampilkan di aplikasi

Mengintip Warenhuis, supermarket pertama di Kota Medan

Majalah Neraca Majalah - Edisi 6
30 April 2021

Majalah Neraca Majalah - Edisi 6

Potret bangunan Warenhuis yang mengalami penuaan / Foto : LPM Neraca/Fotografer

Neraca Majalah
Kota Medan merupakan kota yang banyak menyimpan jejak-jejak bangunan bersejarah pada masa Era Kolonial. Salah satunya, yaitu Warenhuis. Warenhuis adalah supermarket megah yang berdiri pada tahun 1900-an.

Warenhuis merupakan bangunan bersejarah Kota Medan yang terletak di Jalan Ahmad Yani VII-Hindu. Bangunan tersebut berlantai dua dan awal didirikannya pada tahun 1916 oleh arsitek berkebangsaan Jerman, yaitu G Bos. Supermarket ini mulai beroperasi aktif sekitar tahun 1912 dan menjadi toko supermarket pertama di Kota Medan.

Warenhuis sendiri diartikan sebagai "Rumah Gudang". Bangunan besar dan mewah ini menjadi salah satu toko yang terkenal di Kota Medan pada masanya. Karena untuk memenuhi segala kebutuhan penduduk di Kota Medan, maka terciptalah Warenhuis.

Ketika masuk kita akan disambut dengan anak tangga yang sangat megah sampai menuju ke lantai dua bangunan Warenhuis. Lantai satu dan dua penuh dengan komplek pertokoan yang menjual berbagai jenis barang dari Eropa, sehingga pembelinya ialah orang-orang kaya yang tinggal di Kota Medan.
Majalah Neraca Majalah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI