Tampilkan di aplikasi

10 Aktivitas seru isi Ramadan!

Tabloid NOVA - Edisi 1477
14 Juni 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1477

Ramadan bisa menjadi pengalaman tersendiri bagi anak. Agar selalu bersemangat mengikuti ibadah puasa, isi kegiatan Ramadan anak dengan beragam aktivitas seru. / Foto : Istock

NOVA
Namanya juga anak, antusiasme berpuasa di Ramadan kapan pun bisa berubah. Kadang malas-malasan bangun sahur, menghitung berapa jam lagi waktu berbuka, dan malas melakukan kegiatan apapun. Apalagi pada jam-jam rawan, yakni ketika pulang sekolah di saat rasa lapar dan haus, ditambah panas matahari begitu terik dan membuat dahaga. Selain itu, sepulang sekolah anak tak disibukkan dengan aktivitas lain yang akan membuat dirinya semakin jenuh.

Ya, menurut Niesa Handayani, S.Psi., PGD, Asesor dan Senior Consultant di PT. Multi Human Cendekiawan, mendampingi anak menjalankan ibadah puasa memang gampanggampang susah. “Apalagi jika anak baru latihan puasa penuh. Pada usia 5 tahun, anak memang belum memiliki kewajiban untuk menjalankan puasa penuh. Namun, di usia tersebut merupakan saat yang tepat mulai memperkenalkan dan melatih anak berpuasa secara bertahap,” papar Niesa.

Pertama kali, puasa setengah hari bisa dilakukan, kemudian berbuka di siang hari yang dilanjutkan hingga waktu bedug tiba. Jika semua berjalan dengan baik, tibalah saat terakhir, yakni melatih anak puasa sehari penuh. Biasanya, godaan akan bermunculan sehingga membuat anak membatalkan puasanya. Nah, untuk menyiasatinya, Anda bisa menciptakan kegiatan menyenangkan dan bermanfaat di bulan Ramadan untuk anak usia 5-12 tahun.

“Lakukan kegiatan ini di waktu senggangnya, misalnya dari siang sampai sore hari menjelang waktu berbuka tiba. Selain untuk mengusir rasa bosan yang kapan saja akan menghampirinya, fokus anak pun bisa dialihkan pada berbagai kegiatan yang dilakukan.” Ragam kegiatan ini juga bisa membangun karakter anak menjadi lebih positif dan berkualitas, dan bahkan bernilai ibadah.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI