Tampilkan di aplikasi

Cerdas kelola THR

Tabloid NOVA - Edisi 1477
14 Juni 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1477

Salam kenal Mbak Teja. Setiap Lebaran saya selalu kesulitan mengelola keuangan. Padahal saya selalu mendapat tambahan dana dari THR saya sendiri dan suami, karena kami sama-sama bekerja. Tapi selalu saja kurang, sehingga setelah Lebaran tunggakan kartu kredit lumayan membikin pusing. Mbak, tolong beri saya saran dan solusi bagaimana caranya mengelola keuangan, termasuk THR, ketika Lebaran. Terima kasih sebelumnya. / Foto : Istock

NOVA
Memang, selama bulan puasa pengeluaran kita biasanya akan selalu meningkat dibanding bulan bulan biasanya. Selain keperluan makanan yang selalu menambahkan menu berbuka lebih banyak dari biasanya, harga harga kebutuhan makanan juga meningkat. Di samping itu, pengeluaran untuk Lebaran bagi keluarga juga perlu pengeluaran ekstra.

Dengan adanya THR, keuangan kita tentu saja sangat terbantu, akan tetapi, justru terkadang pengeluaran kita jauh lebih tinggi dari gaji bulanan ditambah dengan THR itu sendiri, sehingga banyak orang yang akhirnya menggunakan kartu kredit untuk pengeluaran ekstra tadi. THR habis, Lebaran selesai, sayangnya tagihan kartu kredit justru meningkat.

Nah, kali ini, coba mengupayakan agar pengelolaan keuangan kita lebih tertata rapi, tanpa harus membawa utang setelah Lebaran usai. Apa yang perlu kita pisahkan pertama kali? Yaitu kewajiban kita sebagai umat Islam, dan juga kewajiban kita kepada orang di sekeliling kita?

Zakat Sudah menjadi kewajiban kita untuk menyisihkan sebagian uang dari penghasilan yang kita dapatkan untuk dizakatkan. Selain itu, kita juga harus menyisihkan uang untuk zakat fitrah. Begitu kita dapat THR, langsung segera pisahkan untuk alokasi zakat ini.

Sedekah Jangan ragu untuk bersedekah lebih banyak di bulan ini dibanding sebelumnya. Berapa yang kita niatkan untuk sedekahkan, ayo segera kita sisihkan supaya niat kita ini terlaksana. Semakin banyak sedekahnya, semakin tinggi pahalanya di bulan puasa ini, Insya Allah. Tapi, jangan juga terlalu berlebihan, sesuaikanlah dengan uang yang kita miliki.

THR Selain kita sendiri mendapat THR, kita juga punya kewajiban untuk memberikan THR pada orang orang yang menjadi tanggungan kita, seperti pembantu, sopir, tukang kebun, tukang sampah, satpam, hansip, atau mungkin saudara terdekat kita seperti orangtua dan adik kita.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI