Tampilkan di aplikasi

Prenatal Yoga Trimester Pertama, bantu bumil lebih tenang, nyaman, dan percaya d

Tabloid NOVA - Edisi 1483
25 Juli 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1483

Pernapasan adalah elemen penting dalam yoga. Lewat prenatal yoga maka kebutuhan napas akan terpenuhi. Gerakan yoga yang selaras dengan napas akan memberikan efek menyembuhkan dan menenangkan. Sehingga ibu hamil pun akan melahirkan dengan tenang dan nyaman.

NOVA
Sudah tidak diragukan lagi begitu banyak manfaat yoga untuk kesehatan, bahkan untuk ibu hamil sekalipun yoga memberikan manfaat fisik, mental dan emosi, serta spiritual. Prenatal yoga atau yoga selama hamil adalah salah satu jenis modifikasi dari hatha yoga yang disesuaikan dengan kondisi ibu hamil. Tujuannya adalah mempersiapkan ibu hamil secara fisik, mental, dan spiritual untuk proses persalinan. “Persiapan yang matang akan membuat ibu lebih percaya diri dan memperoleh keyakinan menjalani persalinan dengan lancar dan nyaman,” jelas Tia Pragtinyo dari Nujuh Bulan.

Tia yang sudah mengajar yoga selama 4 tahun ini, awalnya ingin menambah pengetahuan tentang yoga terutama tentang persalinan. “Akhirnya, saya belajar dengan Robin Lim di Bali,” cerita Tia yang tertarik kembali belajar yoga sejak kelahiran anak pertama. “Sejak itu saya ingin berkomitmen men-support ibu hamil biar menjalani persalinan dengan nikmat dan menyenangkan.” Lewat Nujuh Bulan para ibu hamil selama kehamilan, persalinan, dan pasca persalinan diberikan support system. “Nujuh Bulan itu ibaratnya sebagai plasenta luar rahim.

Sedangkan plasenta di dalam kandungan adalah dengan cinta kasih.” Prenatal yoga dapat membantu dari segi fisik, yaitu latihan menghadapi persalinan agar lebih nyaman. Semakin sering dilakukan maka tubuh akan biasa melakukannya. Apalagi banyak faktor yang tidak bisa dikontrol saat akan melahirkan. Lewat yoga, perempuan memiliki kekuatan dan percaya bisa melahirkan dengan aman. “Namun, tidak ada jaminan dengan prenatal yoga, bayi akan lahir normal. Yang terpenting adalah berusaha dan berdoa.

Lalu, pada hari H-nya berserah diri dan menerima segal hal dengan lapang dada.” Berbagai Manfaat Diakui Tia, wajar terjadi jika di awal kehamilan selama sebulan dua bulan merasakan mual-mual, pusing, dan muntah. “Jika kondisinya seperti itu sebaiknya istirahat dulu jangan memaksakan melakukan yoga sampai badan lebih nyaman. Baru setelah pulih, lakukan yoga dulu seminggu sekali.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI