Tampilkan di aplikasi

Kenali manfaat asi bagi Ibu & bayi

Tabloid NOVA - Edisi 1484
2 Agustus 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1484

Banyak sekali manfaat ASI, tak hanya bagi bayi, tapi juga untuk ibu. Di antaranya adalah perlindungan jangka panjang bagi bayi. Kedekatan antara ibu dan bayi pun terjalin saat menyusui karena adanya kontak mata, sentuhan, dan dekapan hangat. / Foto : istock

NOVA
Air Susu Ibu (ASI) menyediakan nutrisi yang ideal untuk bayi karena terdiri dari vitamin, protein, dan lemak yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh. ASI mudah dikomsumsi dan mudah dicerna selain juga murah tanpa mengeluarkan biaya. ASI mengandung antibodi yang membantu bayi melawan virus dan bakteri. Menyusui menurunkan risiko bayi memiliki asma atau alergi. Selain itu, bayi yang mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, lebih sedikit mengalami infeksi telinga, penyakit pernapasan, dan serangan diare. Bahkan mereka juga jarang ke dokter atau melakukan rawat inap. ASI pertama yang didapat bayi disebut kolostrum yang berwarna keemasan dan mengandung segala gizi yang dibutuhkan bayi. Kolostrum mengandung antibodi yang disebut immunoglobulin yang dapat memberikan kekebalan bagi tubuh bayi dari berbagai penyakit infeksi.

Selain itu, kolostrum juga memberikan efek laksatif (pencahar) yang dapat membantu bayi mengeluarkan tinja pertama (meconium) dari saluran pencernaannya. Lalu, dalam waktu 4-6 hari, kolostrum berubah menjadi ASI transisi dimana volumenya meningkat dan kandungan lemak yang tinggi untuk pertumbuhan, perkembangan otak, pengaturan kadar gula darah dan memenuhi kebutuhan gizi bayi. ASI transisi kemudian berubah menjadi ASI matang yang memiliki kandungan lemak dan laktosa lebih tinggi daripada kolostrum. Menyusui dikaitkan dengan nilai IQ yang lebih tinggi di masa kanakkanak. Apalagi dengan kedekatan fisik, saling bersentuhan, dan kontak mata membantu ikatan antara Ibu dan bayi sehingga ada perasaan aman pada keduanya. Di samping itu menyusui memainkan peran dalam pencegahan SIDS (sindrom kematian bayi mendadak). Tak heran ASI adalah makanan yang sangat disukai bayi. Menyusui merangsang pelepasan hormon oksitosin dalam tubuh ibu. Manfaat untuk Bayi Perlindungan jangka panjang buat bayi. Mengurangi risiko penyakit diabetes, penyakit celiac dan penyakit crohn. ASI dapat menurunkan risiko bayi terkena kanker anak.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI