Tampilkan di aplikasi

Devi Raissa, berkarya lewat buku dongeng

Tabloid NOVA - Edisi 1487
22 Agustus 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1487

Perempuan kelahiran Malang, 2 Desember 1987 ini memilih memasyarakatkan dongeng sebagai sarana komunikasi interaktif orangtua dan anak. Lulusan Master Psikologi Anak, Universitas Indonesia ini juga nekat mencetak buku dongeng sendiri. Tak sia-sia, delapan buku cerita anak-anak dengan bendera Rabbit Hole laris di pasaran. / Foto : Eng Naftali/Nova

NOVA
Bagaimana awal mula bisa mencetak buku cerita anak? Saya memiliki latar belakang pendidikan psikologi dan berprofesi sebagai psikolog anak. Ketika praktik, saya menemukan banyaknya masalah komunikasi antara orangtua dan anak. Saya kemudian melakukan riset dan menemukan bahwa solusi yang bisa dilakukan agar komunikasi yang terjalin antara orangtua dan anak berjalan baik adalah lewat buku cerita. Saya kemudian mempraktikan dengan membacakan buku cerita kepada anak-anak. Hasilnya, terjadi bonding yang kuat antara saya dan anak-anak yang saya bacakan buku cerita tadi.

Nah, kalau saya saja bisa menjalin hubungan yang baik dengan anak-anak lewat buku cerita, tentu akan lebih maksimal kalau ini dilakukan orangtua secara rutin, karena merekalah yang sehari- harinya bersama anak tersebut. Saya terus mengedukasi orangtua dan memberikan masukan untuk membacakan buku cerita. Dari hasil diskusi dengan orangtua, saya mendapatkan masukan yang akhirnya mendorong saya untuk menulis buku cerita. Apa saja masukan dari orangtua? Mereka bilang, mereka mau saja membacakan buku cerita. Masalahnya, buku cerita interaktif seperti yang saya sarankan dengan bahasa Indonesia susah dicari. Kalaupun ada, itu masuk ke buku impor yang harganya tidak terjangkau.

Saya pikir, karena saya hobi menulis dan sudah dibekali ilmu psikologi anak dan paham kebutuhan anak, kenapa bukan saya yang membuatkan buku ceritanya. Dua bulan pengerjaan, akhirnya keluarlah buku cerita anak karya saya berjudul Asal Mula Namaku dengan bendera Rabbit Hole pada Agustus 2014 lalu. Bisa Anda ceritakan inspirasi saat membuat buku tersebut? Saya melihat, anak-anak yang seharusnya bermain sudah dipaksa belajar calistung. Karena memang belum waktunya, biasanya anak-anak ini hanya seperti menghapal tanpa bisa memahami calistung. Nah, saya prihatin melihat kondisi ini, kemudian terinspirasi mengajarkan mereka mengenali huruf dengan cara yang menyenangkan.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI