Tampilkan di aplikasi

The 7 year ITCH

Tabloid NOVA - Edisi 1496
24 Oktober 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1496

Jika Anda mengalami kebosanan pada pasangan, bangkitkan kembali kenangan masa indah saat pacaran. Berikan kejutan sederhana namun mengesankan agar kehangatan dan keharmonisan kembali hadir.

NOVA
Shinta menatap iri pada sobatnya yang baru saja merayakan hari pernikahan ke-5. “Kok, kalian tetap mesra dan harmonis, sih. Apa rahasianya?” tanya Shinta pada Mita penasaran. Lalu, Mita pun bercerita kalau suaminya sebenarnya tak ingat hari ulang tahun pernikahan mereka.

“Tapi, aku yang selalu mengingatkan beberapa hari sebelum ulang tahun. Nah, barulah kami merayakan, entah saling memberi kado atau makan bersama di tempat kami pertama ketemu dulu,” jelas Mita dengan mata berbinar. “Jadi, tak mesti di tempat mewah.” Apa yang dilakukan Mita benar adanya, kemesraan antara pasutri harus selalu dipupuk untuk menghindari kebosanan. Kebosanan biasanya dialami pasutri atau dalam istilah psikologi disebut The 7 Year Itch. Pernah mendengarnya? Dalam dunia psikologi The 7 Year Itch berarti hilangnya rasa cinta dan rasa romantis pada pasangan suami istri setelah menjalani hidup perkawinan selama tujuh tahun. Setelah 7 tahun hidup serumah, masing-masing pihak merasa ada ‘kegatalan’ dalam rumah tangga yang ingin digaruknya.

Perlu Pupuk Menurut Retno IG Kusuma, Dra, Psikolog, NLP Pract., di dalam psikologi ada titik kejenuhan dalam perkawinan yang mayoritas dialami pasutri. “Titik rawan pernikahan ada di tahun ke-2, 7, 15, dan 20 tahun. “Bahkan setelah 15 tahun ada rute 5 tahunan pernikahan. Jadi, usia pernikahan 25 tahun (atau disebut kawin perak) pasutri bisa bercerai.” Mengapa? Karena mereka tidak paham titik-titik pada pernikahan. “Saat pasutri sudah bisa meraih 2 tahun pertama pernikahan berarti rumah tangga tersebut relatif aman. Biasanya di awal pernikahan pasutri mengalami adaptasi dulu.” Dalam rumah tangga pasti ada kendala seperti kebosanan, pertengkaran atau ketidakpahaman karena dua sifat disatukan dalam sebuah pernikahan. “Kunci yang paling utama adalah komunikasi dan komitmen pernikahan agar awet selamanya.” Titik rawan selanjutnya adalah tahun ke- 7.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI