Tampilkan di aplikasi

Kuliner dan oleh-oleh khas Tuban, baru dimasak saat pembeli datang

Tabloid NOVA - Edisi 1498
7 November 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1498

Tidak hanya dikenal dengan batik nuansa pesisiran yang memesona, Tuban, Jawa Timur, juga memiliki beragam kuliner yang mampu menggoyang lidah. Sebut saja garang asem endas manyung, serta becek menthok yang segar. Tak ketinggalan oleh-oleh sari laut khas Tuban.

NOVA
Garang Asem Endhas Manyung Pak Joko Siang itu terik. Di sebuah warung sederhana di Desa Mondokan, Tuban, Jawa Timur, para pembeli terlihat tengah asyik menikmati sajian garang asem endhas manyung yang dihidangkan. Mereka terlihat lahap menyantap kepala ikan berkuah. Sampai- sampai tak peduli segala hal di sekitar mereka. Itulah gambaran suasana sehari-hari diwarung makan “Garang Asem Endhas Manyung Pak Joko.” Endhas manyung atau dalam bahasa Indonesia berarti kepala ikan jambal.

Sehari-hari, warung itu memang dipenuhi pembeli, baik dari wilayah Tuban maupun pembeli dari Jakarta yang kebetulan tengah melintas di Tuban dan menyempatkan diri mampir untuk menikmati kuliner bercitarasa segar tersebut. Apalagi pada saat udara panas seperti saat itu, sangat cocok menikmati masakan berkuah. Selain daging ikan yang terasa gurih lembut, kuahnya pun yang terasa pedas asam, sehingga segarnya terasa di lidah. “Karena itu, kalau datang kemari jangan lewat dari jam satu siang, karena kemungkinan sudah habis,” kata Muryati (40) keponakan sang pemilik.

Menurut Muryati, warungnya berdiri sejak tahun 2010 lalu dan sejak itu pula makin hari jumlah pembelinya makin meningkat. “Di Tuban sendiri ada beberapa tempat yang menjual menu seperti ini, tapi saya bukan sombong, di sini yang paling ramai,” imbuh Muryati setengah berpromosi. Muryati menjelaskan, garang asem endhas manyung memang hanya menggunakan bagian kepala ikan jambal, sedangkan bagian lain lebih banyak diolah sebagai ikan asin. Ikan asin jambal sendiri memang terkenal karena dagingnya yang tebal nan empuk. Nah, bagian kepalanya kemudian dijual terpisah dengan dibuat menu endhas manyung. Ikan manyung yang dimasak garang asem itu biasanya ikan berukuran besar. Ada 3 ukuran ikan jambal yang dijual di pasaran, yakni ukuran kecil yang per kepala beratnya mencapai 0,5 kilogram, ukuran sedang dengan berat 1 kilogram, dan yang paling besar atau jumbo berukuran berat sekitar 1,5 kilogram.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI