Tampilkan di aplikasi

Pentingnya olahraga bagi si anak spesial

Tabloid NOVA - Edisi 1502
7 Desember 2016

Tabloid NOVA - Edisi 1502
NOVA
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) juga memiliki kebutuhan untuk bergerak atau berolahraga meski dirinya memiliki hambatan dalam merespons rangsangan untuk melakukan atau menirukan suatu gerakan. Bahkan ada yang memang fisiknya terganggu sehingga tidak dapat melakukan gerakan yang terarah. Hal tersebut terjadi karena ABK memiliki masalah dengan kemampuan sensoris, motorik, belajar dan sebagainya.

Menurut dr. Meta Hadininta, Sp.A dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya, umumnya jenis olah fisik bagi ABK sama saja dengan anak lainnya.

Namun yang membedakan adalah strategi dan model aktivitasnya disesuaikan kebutuhan, kemampuan dan tingkat disabilitasnya.

Karena itulah ada yang disebut dengan olahraga adaptif. Maksudnya adalah metode olahraga yang disesuaikan dengan kapasitas fungsional tubuh seseorang. Misalnya aktivitas gerak dengan kegiatan permainan yang disesuaikan dengan kemampuan, keterbatasan, kesegaran jasmani, sosial, kultural, dan emosional anak.

Aktivitas gerak yang dilakukan ABK prinsipnya berguna untuk memenuhi kebutuhan gerak dan menunjang tumbuh kembangnya, baik fisik maupun psikis sehingga seluruh potensinya optimal. Adapun tujuan dan manfaat lain olahraga bagi ABK.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI