Tampilkan di aplikasi

Ibunda donorkan hatinya untuk Khalid

Tabloid NOVA - Edisi 1518
29 Maret 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1518

Mewujudkan cita-cita anak tentu menjadi impian semua orang tua. Namun, apa yang dirasakan saat melihat buah hati terancam tak bisa mewujudkan cita-citanya karena sakit? Sedih.

NOVA
Saya enggak tega. Setiap saya lihat kondisinya, pasti menangis,” kata Yatimah yang akrab dipanggil Ima kepada NOVA, Kamis (23/3). Ima mengisahkan bagaimana gundahnya ia melihat kondisi buah hatinya, RM Khalid Husni Wibowo, yang didiagnosa menderita kelainan hati Alagille Syndrome, tahun 2013 silam.

Khalid dilahirkan prematur dengan berat badan hanya sekitar 2kg, 6 Mei 2012. Sejak lahir, kondisi Khalid lemah, paru-parunya belum bisa menyesuaikan dengan lingkungan.

Sempat dimasukkan ke dalam inkubator selama 2 hari, namun setelah keluar Khalid mengalami kondisi yang disebut bayi kuning (jaundice). Kadar bilirubinnya mencapai 13 mg/dl. Padahal kadar bilirubin normal pada bayi baru lahir seharusnya di bawah 5 mg/dL.

“Ia kemudian disinar 2x24 jam, tapi kadar bilirubinnya tetap tidak turun juga,” kata Ima, lulusan Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang. Dokter kemudian mencek golongan darah Ima dan ayah Khalid, R. Bagus Wibowo (47). Ima sendiri masih cukup tenang karena kakak Khalid, Nayla Nadya (11), juga mengalami bayi kuning, bahkan selama 6 bulan dan akhirnya normal sendiri.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI