Tampilkan di aplikasi

Pasar antik Jakarta, pernah dikunjungi Bill Clinton

Tabloid NOVA - Edisi 1527
5 Juni 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1527

PAJ dapat dikunjungi setiap hari pukul 09.00 sampai 21.00. Untuk sampai kesana, pengunjung dapat mengakses bis Transjakarta yang melintasi Jalan Diponegoro.

NOVA
Bagi Pecinta barang antik di Jakarta, pasti sudah tidak asing lagi dengan Pasar Antik Jakarta untuk mencari membeli barang-barang berusia tua. Pasar benda kuno tersebut berada di Jalan Surabaya Menteng, Jakarta Pusat.

Pasar tersebut sudah ada sejak tahun 1960-an. Pemerintah menetapkan pasar tersebut sebagai tempat khusus menyediakan barang antik pada tahun 1971, kemudian menetapkan PAJ sebagai salah satu objek wisata ibukota. Namanya pun semakin dikenal dan banyak dikunjungi turis asing. Bahkan Presiden Amerika Bill Clinton tercatat pernah menyempatkan diri berkunjung ketika melawat ke Indonesia tahun 1994.

Sesuai namanya, PAJ menyediakan aneka barang antik sepelampu, hingga kain tradisional kuno. Ada pula kamera lawas berbagai tipe, radio kuno, telepon antik, gramofon atau pemutar piringan hitam, teropong, piringan hitam dan kompas.

Benda bernilai tradisional juga bisa dijumpai di PAJ misalnya lampu gantung khas Betawi, wayang, juga aneka mainan seperti papan congklak.
Anda juga bisa menemukan kaset maupun CD lawas, patung, porselen, jam dinding, serta benda lain yang mungkin sudah dibuat sebelum Anda lahir.

Harga yang ditawarkan pedagang bervariasi tergantung usia dan kelangkaan. Meski demikian, jangan ragu untuk menawar. Saat berbelanja di Pasar Antik Jakarta, pastikan Anda jeli memilih. Ada beberapa barang yang sebenarnya baru tetapi dipoles agar tampak kuno.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI