Tampilkan di aplikasi

Hati-hati ketika memilih sepatu, tak hanya high heels yang berbahaya

Tabloid NOVA - Edisi 1527
5 Juni 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1527

Selama ini orang menyangka pemakaian high heels membahayakan kesehatan. Ternyata ada alas kaki lain yang bisa membahayakan kesehatan.

NOVA
Mengenakan high heels bukan saja membuat mereka yang kurang semampai lebih percaya diri, tetapi juga terlihat gaya. Pendapat itu memang benar adanya, sayangnya para dokter tidak sependapat.

Menurut Meidy, tanpa hak tinggi pun, biasanya wanitalah yang paling berisiko terkena gangguan kesehatan pada bagian kaki. Nah, kalau gemar menggunakan sepatu berhak tinggi, maka risikonya menjadi lebih besar lagi. Mulai dari yang ringan hingga serius. Risiko osteoarthritis adalah salah satunya.

Ketika terbiasa mengenakan hak tinggi, risikonya menjadi enam kali lipat. Efek negatif lainnya adalah menyebabkan kapalan yang biasa terjadi pada ujung jari-jari kaki. Hak tinggi juga membuat si pemakai mengalami ketegangan pada paha depan yang dapat meningkatkan risiko radang sendi serta memperpendek otot betis.

“Lebih parah lagi, high heels juga dapat menyebabkan cedera pada otot kaki, nyeri sendi punggung, varises, tulang belakang bengkok, sakit pada tulang telapak kaki, sampai masalah yang lebih kompleks seperti osteoporosis.” Semakin bertambahnya umur, maka kaki akan menjadi lebih lebar dan panjang.

Bantalan kaki di tumit dan ujung kaki pun akan menipis. “Tetapi kalau bertahun-tahun kita berjalan dengan posisi alamiah, kaki dan tumit akan jadi kuat.” Ketika seorang perempuan memakai sepatu hak tinggi 5 cm atau lebih, kakinya tidak lagi menahan beban secara merata.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI