Tampilkan di aplikasi

Kiat hindari dehidrasi saat puasa

Tabloid NOVA - Edisi 1529
16 Juni 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1529

Jangan salah, di saat puasa bukan hanya air saja yang harus tercukupi, tapi juga berbagai zat penting lainnya yang terkandung di dalam cairan tubuh. Kalau terpenuhi, terhindarlah dari dehidrasi. / Foto : Istock

NOVA
Orang berpuasa sangat mungkin mengalami dehidrasi. Bayangkan menahan lapar haus seharian. Kalau asupan kurang saat buka dan sahur, bisa terjadi dehidrasi. Karena waktu makan hanya di sahur dan sepanjang waktu buka, maka peluang dehidrasi lebih besar daripada harihari biasa.

Banyak orang salah kaprah mengira dehidrasi hanya semata-mata kekurangan air di dalam tubuh saja. Yang sesungguhnya, dehidrasi adalah kekurangan air plus kehilangan berbagai zat penting lain yang juga terkandung di dalam cairan tubuh. Cairan tubuh mengandung mineral, elektrolit penting, seperti ion natrium, dan kalium yang sangat penting untuk pergerakan sel dan motorik.

Natrium bisa ditemukan di dalam makanan yang gurih sedangkan kalium bisa diperoleh dari buah-buahan seperti pisang. Kalium juga penting untuk aktivitas kelistrikan jantung. Kalau sampai cairannya kurang, bisa membuat jantungnya bermasalah sehingga membuat kita pingsan.

Kekurangan natrium berat bisa menyebabkan gangguan di otak sehingga dapat menimbulkan penurunan kesadaran. Kalium diperlukan untuk pergerakan otot. Kalau kurang, bisa membuat orang tidak kuat berdiri.” Gejala Gejala yang dirasakan adalah rasa haus meningkat, bibir dan kulit terasa kering, lemas, lesu, tidak fokus, dan tidak ada tenaga untuk bergerak.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI