Tampilkan di aplikasi

Bijak mengelola dana pensiun

Tabloid NOVA - Edisi 1529
16 Juni 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1529

Dalam hitungan beberapa bulan lagi, saya akan pensiun. Saat ini saya sudah mengetahui berapa jumlah uang yang bakal diperoleh nanti. Bagi saya jumlah tersebut lumayan, Mbak, karena saya belum pernah memiliki uang sejumlah itu.

NOVA
Dana pensiun yang diberikan oleh kantor, adalah hasil jerih payah kita selama bekerja. Uang ini harus bisa mencukupi seluruh kebutuhan kita selama masa pensiun. Sehingga kita memang harus berhati-hati agar uang itu tidak habis begitu saja.

Banyak keluarga yang sudah pensiun, uangnya habis dengan cepat karena sangat konsumtif menggunakan uangnya. Selain itu, banyak juga yang kehilangan uang karena salah menginvestasikan uangnya, sehingga uangnya hilang karena investasi bodong.

Apakah yang dilakukan? Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengetahui apa yang akan kita lakukan di masa pensiun? Tinggal di rumah saja, mengurus bisnis, jalan-jalan, kegiatan sosial, atau bahkan bekerja lagi? Apa yang kita lakukan di masa pensiun, akan memengaruhi perhitungan pengeluaran dan pemasukan kita pastinya.

Apakah masih memiliki penghasilan? Kalau hanya tinggal di rumah saja, tentunya kehidupan kita akan sangat tergantung dari uang pensiun yang dimiliki sehingga harus mampu mengelola uang tersebut agar cukup memenuhi semua kebutuhan keluarga.

Tetapi kalau kita masih memiliki banyak kegiatan yang bisa memberikan penghasilan seperti berbisnis, bekerja paruh waktu, atau menjadi penulis misalnya, maka penghasilan yang kita dapatkan walau tidak sebesar sebelumnya, masih bisa mencukupi dan kita tidak tergantung hanya dari uang pensiun kita saja.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI