Tampilkan di aplikasi

Wisata Ramadan ke masjid Pekanbaru

Tabloid NOVA - Edisi 1529
16 Juni 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1529

Indonesia tak hanya kaya wisata alam dan kuliner, tapi juga bangunan dan peninggalan religi di berbagai kota. / Foto : Bagus Septiawan

NOVA
Masjid Raya Pekanbaru terletak di Jalan Senapelan No 128, Kp. Bandar, Senapelan, Kota Pekanbaru. Bangunan megah yang berdiri di atas tanah seluas 3000 meter persegi ini dibangun sejak zaman Kesultanan Siak. Kubah berwarna emas langsung menyambut saat Nova menginjakkan kaki di pelataran Masjid Raya Pekanbaru, Mei 2017 lalu.

Dinding masjid bercat merah marun menambah kesan elegan. Bagian kiri masjid yang tengah dipugar tak menyurutkan niat warga berkunjung ke masjid ini. Salah satunya Suyadi Amar yang datang bersama kedua anak perempuannya dari Lampung. Pria 40 tahun ini mengaku baru pertama kali datang ke Pekanbaru. “Makanya saya sempatkan ke sini bareng anak-anak.

Apalagi ini bangunan bersejarah,” tuturnya. Menurut pengurus Masjid Raya Pekanbaru, Dadang Irham, bangunan utama masjid dibangun pada tahun 1924 oleh Kesultanan Siak. Di dalam ruangan terdapat empat tiang besar penyangga yang merupakan tiang masjid lama sebelum mengalami pemugaran. Ornamen kaligrafi emas membuat mesjid dua lantai ini makin megah.

Di samping masjid terdapat kompleks pemakaman milik keluarga Kesultanan Siak. “Untuk menghormati jasa mereka, makanya dimakamkan di sini. Dari enam makam besar, ada dua makam milik Sultan Siak,” jelas Dadang sambil menunjuk ke arah makam.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI