Tampilkan di aplikasi

Kebutuhan tidur anak

Tabloid NOVA - Edisi 1531
19 Juni 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1531

Kebiasaan anak tidur siang perlu diajarkan sejak dini. Kekurangan tidur pada anak kecil akan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan daya tangkap anak. / Foto : Istock

NOVA
Tahukah Anda, jumlah tidur yang dibutuhkan seorang anak berbeda-beda sesuai usianya. Apakah Anda sudah mengecek waktu tidur anak Anda, dan apakah sudah cukup atau belum? Menurut Jo Edy, secara bertahap seiring dengan meningkatnya usia, maka makin sedikit waktu tidur yang dibutuhkan anak. “Tapi, pada dasarnya seorang anak membutuhkan banyak waktu tidur.”

dengan baik dibutuhkan: lKebutuhan istirahat atau tidur yang cukup. l Kebutuhan makanan yang cukup dengan kualitas gizi yang baik. lKebutuhan oksigen (udara) dan olahraga/ kegiatan fisik. Efeknya kurang tidur, pertumbuhan hormon, kognitif, sosialisasi dengan lingkungan, dan imunitas tubuh.

“Seluruh proses akan berkembang dengan baik, bahkan beberapa protein muncul bersamaan untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan infeksi.” Pada anak yang lebih besar jika kekurangan tidur bisa berefek buruk pada kegemukan (obesitas). “Beberapa anak makin malam jam tidurnya karena mengikuti jam malam orang tuanya. Biasanya hal ini terjadi pada anak yang kedua orang tuanya bekerja hingga larut malam.”

Akibatnya, anak pun kurang tidur. “Waktu yang dibutuhkan untuk membalas kurang tidur tersebut, justru akan lebih banyak. Kelebihan jam tidur pun tidak baik untuk pertumbuhan anak. Demikian pentingnya jam tidur yang teratur dan kualitas tidur yang baik."
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI