Tampilkan di aplikasi

Kuliner khas Pekanbaru, kenyal nikmat dari timur Sumatra

Tabloid NOVA - Edisi 1535
31 Juli 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1535

Mulai dari sedapnya mi yang disajikan dengan telur dan potongan teri, hingga kenyalnya nasi goreng yang disangrai. / Foto : Bagus / Nova

NOVA
Sejatinya olahan makanan sagu banyak ditemukan di daerah Indonesia bagian timur. Bahkan sagu di sana dijadikan makanan pokok warganya. Kini, jika bicara sagu tak melulu hanya orang timur yang dapat menikmati, beberapa daerah lainnya ternyata juga mengolah sagu guna dijadikan ragam kuliner lezat yang siap menggoyang lidah. Pekanbaru, salah satunya.

Di kota terbesar di kawasan timur Sumatera ini, berbagai makanan sagu tak sulit ditemukan. Awalnya olahan ini berasal dari daerah Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Riau. Barulah menyebar ke daerah lain sampai ke Pekanbaru. Olahannya pun beragam, tak hanya terpaku pada satu menu. Kita kenal jika bahan baku mi yang biasa dimakan adalah terigu. Namun, di Pekanbaru dapat dijumpai mi berbahan dasar sagu.

Tentu bagi yang belum pernah mencicipi akan penasaran dengan tekstur dan rasanya. Tapi, ayo kita berkunjung ke rumah makan Pondok Sagu Cemara. Rumah makan yang terletak di Jalan Cemara Nomor 82, Gobah, Pekanbaru ini menyediakan beragam olahan mi sagu. Dengan menu andalan mi sagu lembab dan goreng.

Ternyata, proses pembuatannya sederhana. Sulis Tiwati, pemilik rumah makan Pondok Sagu Cemara menunjukkan cara membuat mi sagu. Dimulai dari merebus bahan mi sagu mentah. “Kalau bisa, bahan mi ini sebelum dimasak jangan dicuci. Ini sudah bersih, kok. Kalau dicuci malah lengket dan susah terurai saat perebusan,” tuturnya saat ditemui Mei lalu.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI