Tampilkan di aplikasi

Olahan makanan berbahan organik

Tabloid NOVA - Edisi 1541
5 September 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1541

Tak perlu khawatir makan keju yang termasuk dari olahan sapi karena kini ada keju vegan. Tak perlu ragu mengunyah roti, karena ia beragi alami tanpa susu, telur, gula pasir dan margarin.

NOVA
Mungkin kebanyakan orang mengatakan bahwa olahan makanan berbahan organik rasanya hambar dan kurang enak. Olahan dari bahan organik memang terkadang tidak selezat bahan olahan lainnya. Namun, siapa sangka olahan makanan berbahan organik ini bisa disulap menjadi makanan yang lezat. Apa sajakah olahan tersebut? Berawal dari membuka katering organik di tahun 2013, Arilya Irfan kemudian mencoba olahan keju jenis lain, vegan cheese atau keju vegetarian.

Bagi vegetarian seperti Aril, tentu saja tidak mengonsumsi susu sapi. “Beberapa orang mungkin ada yang mengalami alergi pada susu sapi. Vegetarian pun tidak bisa mengonsumsi olahan sapi,” ujar Aril. Arilya bahkan sampai belajar dari guru khusus untuk mengolah keju. Awalnya dia diberi resep, lalu mulai belajar sendiri. Sayang, di awal percobaan banyak bahan-bahan terbuang. Sempat bingung tapi dia tak putus asa.

Aril tetap mencoba hingga akhirnya menemukan resep yang benar-benar tepat untuk vegan cheese olahannya yang dapat ditemui di instagram @dmh_organik. Aril tidak main-main dalam memilih bahan baku vegan cheese olahannya. “Karena memilih mede organik, aku memesan langsung dari petani Wonogiri. Konsumen mengaku rasa kacang mede ini lebih manis karena tidak diberi lem seperti yang ada di pasaran,” jelas Aril.

Selain mede, bahan selanjutnya adalah rejuvelax, yaitu air beras cokelat hasil fermentasi selama tiga hari yang berfungsi sebagai prebiotik alami. Setelah bahan-bahan tersedia, dia memblender kacang mede yang telah direndam empat jam sebelumya. Kacang Selain rasanya yang sedikit masam, beragam khasiat olahan teh kombucha ini.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI