Tampilkan di aplikasi

Trik agar dihargai orang

Tabloid NOVA - Edisi 1543
20 September 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1543

Selain kerap mengabaikan perencanaan, mereka yang baru memulai bisnis juga suka lupa justru di saat bisnis sukses. / Foto : iStock

NOVA
Anda sudah punya pekerjaan tetap, tapi ingin punya usaha atau bisnis sampingan? Atau sambil mengerjakan tugas rumah tangga, tapi Anda ingin menjalankan usaha? Boleh-boleh saja. Anda mau berbisnis demi menambah isi dompet, atau hanya ingin menyalurkan hobi, atau karena masih punya waktu luang yang banyak? Bisa saja, yang penting jujur menjawabnya. Karena, apapun maunya, dan siapapun kita, yang namanya baru memulai bisnis butuh persiapan yang baik dan benar.

Seperti apa itu, Yuliana F. Hartanto, pendiri dan pengajar dari Guru Grooming Indonesia memberikan tips dan trik untuk kita. Bila kita bertujuan mendapatkan keuntungan dari usaha atau bisnis, tentu saja kita harus mengikuti standar yang ada. Standar yang dimaksud adalah berbagai persiapan yang harus dilakukan untuk membuka bisnis.

Jika kita mengawali bisnis karena ingin lebih menekuni hobi sekaligus mengembangkan hobi, menurut Yuliana, “Sering tak menghasilkan keuntungan besar bahkan nombok mengeluarkan uang.” tambah Yuliana. Nah, makanya wajib menentukan dengan pasti apa tujuan bisnis kita. Karena, bila di tengah jalan kita menemukan hal-hal yang mengganjal bisnis, kita bisa segera mencari jalan keluar yang tepat.

Sebelum melangkah lebih jauh, lakukan perencanaan yang baik. Jika daftar perencanaan sudah kita isi dengan baik dan benar, barulah kita boleh yakin untuk memulai usaha. Yang pertama adalah menyiapkan produk. Buat riset, apakah produk kita ini bisa dijual atau tidak. Termasuk mencari tahu apakah sudah ada produk sejenis yang ada di pasaran. Bila ya, pastikan kita memiliki cara untuk mengemasnya secara berbeda.

Jika Anda termasuk yang buka usaha sampingan sementara masih punya pekerjaan utama, jangan lupakan hal ini, jangan teledor apalagi kehilangan fokus pada pekerjaan utama. Karena, pekerjaan tetap itulah yang merupakan sumber penghasilan untuk membiayai hidup kita dan keluarga.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI