Tampilkan di aplikasi

Jogja Fashion Carnaval 2017, kekayaan kain Indonesia jadi andalan

Tabloid NOVA - Edisi 1543
21 September 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1543

Tenun dan batik mendapat tempat tersendiri di Jogja Fashion Carnaval 2017. Meski Jogja sebagai tuan rumah, di sini ada unsur Bali, Palembang, Flores, Irian, dan Kalimantan. / Foto : Imam

NOVA
Perhelatan akbar tahunan Jogja Fashion Week (JFW) 2017, (23/8), di Jogja Expo Center diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari fashion show, seminar, talkshow, pameran produk fesyen, dan karnaval. Pergelaran fashion show menampilkan karya 52 desainer profesional dan 21 desainer binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY. Tema yang diusung adalah Abinaya Anagya, dari bahasa Sansekerta yang berarti semangat yang terus berkobar.

Sebagai bagian dari industri kreatif, diharapkan para desainer terus memiliki semangat untuk menghasilkan karya-karya terbaik. Jogja Fashion Week bisa memberikan multiplier effect tidak hanya bagi desainer, namun semua pelaku industri fesyen, terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X melalui Kadisperindag DIY, Ir. Budi Artono, MSi. saat membuka JFW 2017.

Menurut Sultan HB X, bidang kreatif fesyen di Yogyakarta berkembang pesat dan kemajuannya sangat signifikan dari tahun ke tahun. “Kebangkitan dunia fesyen di Yogyakarta terlihat tumbuh dari berkembangnya rumah mode,” papar Sri Sultan HB X. Untuk itu, Sultan berharap kreativitas sektor fesyen ini jangan pernah surut dan terus ditingkatkan dari sisi kualitas, kuantitas, jenis produk, dan keunikannya.

Sultan berharap pelaku industri fesyen semakin peduli terhadap produk-produk yang mengeksplorasi seni budaya bangsa. Jika tahun-tahun sebelumnya fokus pada kain batik menjadi andalan DIY, JFW kali ini juga memasukkan unsur tenun Nusantara dengan harapan dapat menjadi media untuk memperkenalkan kekayaan kain Indonesia. Sebagai puncak dan penutup JFW 2017, penyelenggara menggelar kegiatan Jogja Fashion Carnaval di Jalan Malioboro pada hari Minggu.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI