Tampilkan di aplikasi

Jangan paksa burung untuk berenang

Tabloid NOVA - Edisi 1544
29 September 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1544

Enggan mengarahkan, tapi justru memaksa. Jangan kecewa Jika nanti anak Anda justru tak bisa apa-apa. / Foto : iStock

NOVA
Semasa dalam kandungan, anak boleh sama-sama 9 bulan, tapi begitu dilahirkan semua anak berbeda. Bukan hanya secara fisik, tapi juga mental dan tentu tingkat kecerdasannya. Howard Gardner, seorang ahli psikologi perkembangan dan guru besar pendidikan pada Graduate School of Education, Harvard University mengatakan, setidaknya ada sembilan kecerdasan yang dimiliki anakanak.

Ada kecerdasan linguistik, matematislogis, ruang-visual, kinestetik-badani, musikal, interpersonal, intrapersonal, lingkungan/ naturalis, dan kecerdasan. Tapi ya itu tadi, tak semua anak memiliki semua kecerdasan yang sama. Seperti yang ditekankan oleh teori itu, bahwa setiap orang memiliki semua kapasitas kecerdasan yang bekerja dengan cara yang berbeda-beda. Dari sembilan kecerdasan, akan ada satu kecerdasan yang menonjol sesuai dengan bakat yang dimiliki dan sudah mulai muncul sejak anak berusia dini.

Nah, mustinya dengan kecerdasan tertentu seorang anak akan serius mendalami suatu hal, lanatas menjadi pintar, hingga makin jelas langkah dan jalannya menuju yang dicita-citakannya. Tapi yang terjadi, bibit subur itu seringkali tak jadi berkembang, layu, bahkan mati. Kenapa bisa begitu, seringkali justru orangtua yang harusnya memupuk, menyiram, dan memelihara bibit hingga si anak bisa jadi pohon subur justru “membunuhnya”.

Bahkan dengan alasan yang masuk di akal, tapi sungguh menyebalkan, “Karena cita-citanya gak seperti yang kami harapkan.” Padahal, “Biasanya kalau orang tua terlalu memaksakan apa yang diinginkan tidak sesuai dengan apa yang dimiliki oleh anak, anak bisa frustasi dan tertekan. Hal tersebut dikarenakan anak akan mengerjakan sesuatu dengan paksaan, bukan karena apa yang disenanginya,” jelas Irma Gustiana Andriani, M. Psi., seorang psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan UI.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI