Tampilkan di aplikasi

Mau bisnis tapi ragu kuras tabungan

Tabloid NOVA - Edisi 1548
23 Oktober 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1548

Untuk itu, ada baiknya sebelum berbisnis, ada langkah-langkah yang harus diperhatikan.

NOVA
Bagi kita yang terbiasa bekerja di luar rumah dan memiliki kesibukan yang tidak ada habisnya, maka tinggal di rumah untuk mengurus rumah dan keluarga, serasa seperti memiliki waktu luang yang banyak, sehingga sayang sekali untuk berlalu begitu saja. Niat mbak Olivia untuk berbisnis dengan membuat kerajinan tangan dari rumah merupakan ide yang sangat baik.

Selain kita bisa mengurus keluarga, bisnis tetap bisa dijalankan untuk memberi penghasilan tambahan dan menjadi kesibukan tersendiri. Dalam mempersiapkan modal bisnis, memang sebaiknya dana yang digunakan bukanlah dana yang kita tabung untuk kebutuhan utama keluarga.

Dalam hal ini, sebaiknya kita tidak mengambil uang tabungan sekolah anak, misalnya, ataupun uang tabungan pensiun kita dan kebutuhan keluarga yang penting lainnya.Produk kerajinan tangan yang akan dibuat seperti pouch atau agenda dari kertas, tentunya memiliki pangsa pasar sendiri.

Ketahuilah pangsa pasar yang akan kita targetkan untuk penjualan produk kita, dan buatlah kerajinan tangan dengan desain dan harga yang sesuai dengan target pasar. Misal, apabila kita membuat produk untuk para ibu rumah tangga maka sesuaikan desain produk dengan selera mereka.

Harga juga perlu disesuaikan, agar produk kita bisa sesuai dengan bujet target pasar. Dari desain produk yang sudah kita pelajari, maka kita bisa menghitung kebutuhan bahan baku serta peralatan yang dibutuhkan untuk memulai produksi.

Dalam membeli peralatan yang dibutuhkan, sebaiknya kita membuat prioritas mana saja yang sangat diperlukan untuk memulai bisnis ini dan mana yang tidak terlalu penting dan bisa dibeli nanti ketika bisnis semakin berkembang.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI