Tampilkan di aplikasi

Gizi alami bukan dari penggorengan

Tabloid NOVA - Edisi 1551
15 November 2017

Tabloid NOVA - Edisi 1551

Gorengan nikmat tapi belum tentu sehat. Ternyata menggoreng pakai minyak zaitun atau minyak jagung pun tak sesehat yang kita kira. / Foto : iStock

NOVA
Anda berencana hamil, tapi masih doyan makan gorengan? Janganlah. Gorengan memang lezat, tapi mengonsumsi makanan bergizi demi kehamilan yang sehat tentu lebih utama. Toh seperti kita tahu gorengan makanan yang melalui proses pemanasan dan mengandung minyak berlebih membuat kandungan gizi alami dalam makanan tersebut hilang. Padahal peran zat gizi dalam masa tumbuh kembang anak, kan, sangat penting.

Karenanya, kecukupan gizi bahkan sudah harus diperhatikan sebelum sang ibu mengandung janin. Masih ingat, kan, selama tiga bulan sebelum merencanakan kehamilan, seorang ibu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat agar sel telur yang dihasilkan bisa memiliki kualitas yang baik.

Puncak piramida gizi, sementara asupan gizi buat anak sama halnya seperti piramida. Bagian paling bawah merupakan bagian yang harus paling banyak porsinya untuk dikonsumsi daripada bagian atas. “Yang harus paling banyak dikonsumsi adalah air. Baik orang dewasa maupun anakanak setidaknya mengonsumsi dua liter air setiap hari,” kata dr. Diana F. Suganda, Mkes, SpGK dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Asih, Panglima Polim, Jakarta.

Di atas air, ada karbohidrat. Karbohidrat bisa berasal dari roti, mi, kentang, atau nasi. Untuk anak-anak karbohidrat menjadi asupan yang perlu untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak karena bertugas sebagai sumber energi, terutama pada anak usia sekolah yang membutuhkan konsentrasi tinggi ketika belajar.

“Satu-satunya nutrisi atau energi untuk otak berasal dari glukosa. Glukosa bisa didapat dari karbohidrat.” Asupan berikutnya setelah karbohidrat adalah sayur dan buah. Sayur dan buah mengandung vitamin, mineral, dan serat. Serat memiliki fungsi untuk membantu proses pencernaan.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI