Tampilkan di aplikasi

Mertua juga punya harga

Tabloid NOVA - Edisi 1586
17 Juli 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1586

Berapa “harga” yang harus kita bayar pada mertua saat menitipkan si kecil? Jangan-jangan lebih mahal ketimbang pada babysitter atau di tempat penitipan anak. / Foto : Istock, dok. pribadi

NOVA
Harus menyiapkan dana sekitar Rp3 juta per bulan sebagai biaya “penitipan anak” tentu tak mudah buat banyak pasangan muda di kota besar sekalipun. Itulah yang dikeluhkan Mona, salah satu teman kita ini. “Padahal, aku dan Andy sedang merintis karier. Mau menitipkan anak ke ibu, beliau sudah kerepotan juga dengan keponakanku.

Ada sih, jalan terbaiknya, nitipin anak ke mertua, tapi sopan enggak, ya?” Belum sempat kita memberi tahu, Mona sudah melontarkan pernyataan dan pertanyaan lagi. “Aku takutnya, pola asuh mertua enggak sesuai dengan prinsipku. Sudah gitu, apakah aku harus membayar jasa mereka? Kalau sama ibuku, sih, aku lebih santai. Ini kan, aku enggak dekat dengan mertuaku.” Nah, lalu apa yang harus dilakukan Mona?

Negoisasi dengan Mertua. Jangan lupa ya, mertua juga adalah kakek nenek buat si kecil. Mereka, umumnya akan senang hati diminta tolong mengasuh cucu. Namun, ya tetap saja namanya mertua, tentu kita tak seenteng seperti harus berurusan dengan ibu dan ayah sendiri.

Misal, sebelum menitipkan anak ke mertua, tentunya, kita juga harus meminta persetujuan dengan suami. Lantas, jangan sungkan pula mendiskusikan bersamanya mengenai kelebihan dan kekurangan dari mertua. “Dari segala sisi, dan diskusi dengan cara pelan-pelan,” pesan Wulan S Oganarto, B.Sc, pemerhati remaja dan tumbuh kembang orangtua.

Jika kita sudah punya pola yang baku untuk si anak, misal tentang mengatur pola tidur, makan, hingga waktu bermain, kita bisa mendiskusikannya pula dengan mertua. Ini perlu, karena beda generasi tentu prinsip dan pola mertua bisa jadi berbeda dengan kita dalam mengasuh anak.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI