Tampilkan di aplikasi

Interior kekinian dengan beton ekspos

Tabloid NOVA - Edisi 1592
9 Oktober 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1592

Padu padan beton ekspos dengan tangga kuning di salah satu dinding rumah ini bisa menjadi salah satu trik untuk membuat interior terlihat sangat manis dan cerah.

NOVA
Satu dekade lalu, aneka warna cat dinding yang memanjakan mata barangkali sedang sukses menapaki era keemasan. Mulai dari warna-warna terang seperti kuning, oranye, atau hijau, hingga warna-warni lembut seperti pink atau biru, seakan menjelma menjadi warnawarna favorit yang luar biasa diminati. Sekarang, perubahan tentu saja telah terjadi.

Namun demikian, bukan berarti aneka warna cat dinding tadi tak lagi digemari. Hanya saja, sudah semakin banyak rumah yang rupanya memilih mengadopsi gaya jujur, polos, dan natural, lewat tampilan dinding semen apa adanya. Sama sekali tanpa polesan warna-warni cat. Hal inilah yang mungkin sekarang kita kenal sebagai, beton ekspos.

Dinding tampil apaadanya, tanpa perlu melewati berbagai tahapan finishing atau dilapis warna-warni cat tertentu. Dengan desain menarik, dinding beton yang berwarna abu-abu bisa tampil modern dan kekinian. Bahkan, warna beton yang tidak rata, justru menjadi salah satu elemen apik interior. Ia mampu menghadirkan kesan jujur tanpa dibuat-buat.

“Ekspos itu artinya diperlihatkan, diekspos. Saat ada di dalam atau di luar bangunan, tanpa sebuah finishing, beton ekspos bisa juga menjadi sesuatu yang menarik. Beton sebagai material konstruksi, bila diperlihatkan, bakal jadi menarik dan punya nilai estetis sendiri,” jelas Chairul Amal Septono, arsitek dan desainer interior, sekaligus mantan ketua HDII Jakarta 2015-2017.

Gaya ini, sekarang memang terbukti menjadi salah satu opsi primadona dalam merancang interior. Kelompok co-working space yang tersebar di bilangan-bilangan perkantoran, kafe-kafe di kota-kota besar, hingga rumah-rumah keluarga milenial, hampir kompak mengadaptasi si beton ekspos yang dirasa sukses membawa angin segar bagi jagat tata ruang ini.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI