Tampilkan di aplikasi

Mencuci mesin mobil, awas korsleting!

Tabloid NOVA - Edisi 1592
9 Oktober 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1592

Ketika kita sembarangan mencuci mesin mobil, maka bisa saja berakibat korsleting.

NOVA
Mobil bersih, tentunya bukan sekadar dinilai dari tampilan eksteriornya saja. Bagian interiornya pun tentu penting diperhatikan, apalagi bagian mesin mobil yang bagaimanapun juga akan selalu menjadi “nyawa” si mobil. Well, tujuan kita mencuci bodi mobil adalah agar lebih mengilap. Tujuan melakukan vakum di dalam interior mobil adalah agar udara kabin lebih segar. Nah, kalau mencuci mesin mobil jelaslah untuk membuat segala peranti mesin menjadi lebih bersih.

Jadi, ketika kotoran yang ada di dalam mesin sudah berhasil dienyahkan, otomatis proses berkendara kita pun menjadi lebih lancar tanpa hambatan. Karena pada dasarnya, mesin mobil yang kotor terutama jika berkarat akan sangat berbahaya, baik untuk kelangsungan kinerja mobil maupun sang pengendara dan seluruh penumpang.

Segitu berbahayanya? “Pentingnya (mencuci mesin mobil) sebenarnya biar lebih terawat. Jadi, mesin mobil kita enggak jorok. Kita jadi benar-benar mengerti mobil kita, dalamnya seperti apa, dan ketika kita mengecek kendaraan, kita jadi bisa lihat mana yang kurang bagus. Mungkin ada yang getas atau apa,” ucap Raden Indra Dewanto, pemilik Garasi Sunroof Jakarta.

Lantas, bagaimana langkah-langkah tepat mencuci mesin mobil? Bukankah kita hanya tinggal membawanya ke bengkel dan membiarkan orang lain mengerjakannya?

Cuci Sendiri di Rumah. Oh, sebenarnya tak harus ke bengkel lho, Sahabat NOVA. Sama seperti mencuci mobil bagian luar yang bisa dilakukan sendiri di rumah, mencuci mesin mobil pun sama saja. Meski prosesnya memang lebih rumit dan “menakutkan”, bukan berarti kita para perempuan tidak bisa melakukannya.

Yang perlu diingat dan dipahami, kita melakukannya tanpa asalasalan. Teknik yang benar dan tepat tentu dibutuhkan, karena bila kita salah-salah mencuci mesin mobil, yang ada hanyalah risiko korsleting pada mobil.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI