Tampilkan di aplikasi

Kuncinya: Ada pada si kecil

Tabloid NOVA - Edisi 1607
10 Desember 2018

Tabloid NOVA - Edisi 1607

Wisata edukatif tentu perlu dan harusnya menarik buat anak. Tapi bagaimana caranya agar dia tak membayangkan seperti diajak masuk ke dalam ruang kelas sekolah?

NOVA
Cukup sekali klik, kita bisa langsung melihat beragam pilihan tempat wisata yang menarik. Mau yang bertema alam, teknologi, seni, budaya, dan masih banyak lagi. Bagi sebagian kita pun tentu juga tahu bahwa sekarang ini yang tengah populer adalah tempat wisata yang menawarkan ragam kegiatan yang mengedukasi anak.

Jadi bukan buat sekadar senang-senang, tapi juga bisa menambah pengalaman dan wawasan lewat kegiatan yang diberikan di tempat wisata. Tempat semacam itu jelas sangat cocok buat berlibur keluarga bareng si kecil saat akhir tahun ini. Tapi, mengajak anak berwisata edukatif kadang tidak mudah. Salah memberitahu— bisa si kecil malah melengos—karena membayangkan, “bunda mau ngajak liburan, apa sekolah sih?” Karenanya, kita harus tahu trik-triknya agar si kecil berbinar-binar matanya begitu kita mengajaknya berlibur.

Dan itu sudah dimulai sejak awal—yakni saat kita merancang liburan! “Melibatkan anak dalam proses merancang liburan itu wajib. Karena melibatkan anak dalam merancang liburan juga bisa membangkitkan interest di diri anak,” pesan Erfianne S. Cicilia, S.Psi., psikolog anak. Mulai dari yang Sederhana Prosesnya merancang liburan dengan melibatkan anak, tak perlu muluk-muluk.

Bisa dimulai dari hal-hal kecil dan praktis seperti meminta pendapat mereka mengenai destinasi yang dipilih. Orangtua bisa memberikan gambaran kepada anak terlebih dahulu mengenai tempat wisata yang akan dituju dan apa yang akan mereka temui di sana. Berikan juga pilihan pada anak tetang objek wisata hingga pilihan dan kesempatan untuk merencanakan kegiatan yang mereka inginkan.

“Kalau usia tiga tahunan itu baru pada tahap ‘mau atau tidak mau’ pergi ke suatu tempat wisata. Tapi kalau usia lima tahun ke atas, bisa mulai ditanyakan lebih jauh seperti keinginan untuk melakukan kegiatan apa di sana nantinya, dengan tetap diberi pendampingan dan pengertian,” ujar Erfianne.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI