Tampilkan di aplikasi

Jangan pernah memilih sisi sebelahnya

Tabloid NOVA - Edisi 1626
22 April 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1626

Jika saja kita bisa memanfaatkan sisi positif dompet digital, kita bukan saja bisa berhemat, tapi juga hebat. Caranya?

NOVA
Godaan cashback maupun diskon bisa jadi lebih menggiurkan ketimbang lirikan si ganteng di ruang sebelah. Karena, betapa aplikasi dompet digital seperti Go-Pay, Ovo, Link Aja, Dana, atau Sakuku nyaris setiap saat melontarkan senyum manisnya. Dan kita pun nyaris tak kuasa menampik godaan itu.

Sudah begini, apa yang harus kita lakukan? Meskipun terkesan standar, konsultan finansial Tejasari Asad, tetap mengingatkan: sebagai konsumen kita harus tetap hati-hati dalam menggunakan aplikasi dompet digital untuk belanja online. Tentu, hati-hati di sini, maksudnya bukan berarti kita lantas membuang jauhjauh si dompet digital. Karena, pada satu sisi, fenomena ini memang bisa membawa pengaruh positif.

“Karena biasanya banyak diskon, jadi kita bisa berhemat. Saat menggunakan layanan itu, uangnya kan memang ada. Jadi cuma mindahin doang. Kalau uangnya sudah habis, ya berhenti,” kata Tejasari tersenyum. Bisa Boros Sisi sebelahnya lagi, apalagi kalau bukan dompet digital suka mengundang kita jadi konsumtif.

Ada atau tidak iming-iming penawaran yang menggiurkan, kita tetap saja ketagihan untuk berbelanja dan terus berbelanja dan sering kali untuk kebutuhan yang bukan mendesak. Parahnya lagi, kita menggunakan layanan dompet digital yang bisa berutang dengan cara menggunakan pembayaran pakai kartu kredit.

“Boros? Ya, mungkin. Kita bisa jadi konsumtif, apalagi jika kita bayar dengan cara berutang. Ini agak bahaya,” pesan Tejasari yang kemudian mengisahkan salah seorang kliennya sempat terjebak pada perilaku belanja online yang negatif. Diceritakannya, suatu kali, klien itu memanfaatkan fitur cicilan beli emas di salah satu toko online. Setelah emas terbeli, dia pun menjual kembali emas yang dibelinya demi mendapatkan uang cash.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI