Tampilkan di aplikasi

Tinkerlust, ide kreatif di tengah limbah fashion dan beauty

Tabloid NOVA - Edisi 1654
4 November 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1654

Aliya dan Samira (tengah), seusai gelaran parade busana Tinkerlust “A Story of Second Change” di JFW 2020.

NOVA
Apakah Anda punya pakaian yang baru sekali dipakai lalu tersingkir ke lemari bagian belakang? Atau janganjangan Anda juga punya pakaian yang belum pernah Anda pakai sama sekali sejak Anda beli beberapa bulan lalu, dengan label harga yang masih menggantung? Lalu baju-baju itu teronggok di sebuah sudut lemari atau tergantung begitu saja di balik pintu. Mungkin Anda lupa, karena Anda sudah punya baju yang baru lagi! Alhasil, baju-baju itu menumpuk dan jadi sampah.

Tenang, Anda tak sendirian. Hal ini juga pernah dialami oleh Aliya Amitra, COO dan Co-Founder Tinkerlust. Tumpukan baju yang kian menggunung di lemari pakaiannya membuat kegelisahan tersendiri. Keresahan ini membuatnya rutin membersihkan lemari, paling tidak dua kali setahun. Setelahnya ia menjual barangbarang yang tak lagi ia pakai. Tapi, kok, banyak kesulitan yang dirasa.

“Untuk menjual barang preloved (bekas pakai) di Jakarta, tuh, kayaknya ribet banget. Harus ikut bazar, nitip ke orang. Ya, yang kadangkadang gak jelas juga gitu, lho, konsepnya. Ujungnya kadang akhirnya aku cuma bagi-bagi. Tapi, kan banyak juga barang yang valuenya masih bagus yang kalau aku bagi-bagi masih sayang,” ujar Aliya pada NOVA.

Kebalikan dari Aliya, Samira Shihab, CEO dan Co-Founder dari Tinkerlust juga memiliki kesulitan untuk mencari barang vintage dan preloved saat kembali ke Indonesia setelah lama tinggal di Amerika. Nah, dua masalah ini justru menjadi cikal-bakal terbentuknya Tinkerlust di tahun 2015 silam, lho. Tapi, sebenarnya apa itu Tinkerlust? Tinkerlust adalah marketplace yang hadir untuk melayani kebutuhan perempuan Indonesia dalam berjual beli barang-barang preloved fashion dengan kualitas dan orisinalitas yang terjamin.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI