Tampilkan di aplikasi

Liburan keluarga santai, nikmati dulu, pamer konten kemudian

Tabloid NOVA - Edisi 1659
9 Desember 2019

Tabloid NOVA - Edisi 1659

Jangan terlalu fokus “memberi makan” buat media sosial. Kan, liburan harusnya menyenangkan, bukan jadi beban.

NOVA
Lolita, 35 tahun, ibu dari satu anak (5 tahun), sepulangnya dari berlibur ke Museum Angkut, Malang, menyampaikan penyesalannya. Saya sering melakukan liburan dengan anak dan suami. Tapi rasanya banyak potongan cerita yang hilang di perjalanan liburan saya. Bukan karena destinasi yang tak keburu dikunjungi, justru saya terlalu fokus mengabadikan dan mengunggah sudut pemandangan yang saya lihat di media sosial. Sehingga banyak hal yang saya lewati karena lebih fokus pada gawai dan selfie, bukan pada anak dan suami.

Pulang ke rumah, senang sih, tapi saya lupa esensi dari liburan itu sendiri. Padahal harusnya saya lebih menikmati waktu luang yang bisa kami habiskan bersama tanpa harus sibuk update sana sini. Akhirnya menyesal dan pulangnya malah merasa ingin kembali liburan. Anda familiar dengan cerita seperti ini? Bicara liburan, ya, siapa yang tak perlu? Apalagi akhir tahun begini, rasanya semua orang merasa butuh untuk rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Pergi ke suatu tempat entah dalam kota, luar kota, atau bahkan luar negeri yang penting bisa memberikan kesegaran baru dan mengembalikan energi yang sudah terkuras. Tapi sayangnya, sekarang ini banyak orang yang saat berlibur bukannya berusaha menikmati pemandangan dan kebersamaan dengan keluarga, melainkan malah fokus pada aktivitas demi mengejar konten untuk media sosial. Bukannya sibuk mengajak anak bermain, malah sibuk cari spot menarik untuk berfoto. Bukannya bercengkerama dengan anggota keluarga, malah sibuk upload story.

Akhirnya, tanpa sadar kita malah stres sendiri. Kita lupa dengan tujuan dari liburan itu sendiri, yakni me-refresh diri dari segala kepenatan yang telah dilalui. Keharusan membuat perencanaan yang sangat matang juga kadang memicu stres. Apalagi kalau itinerary yang sudah kita susun tak bisa dijalani dengan mulus. Entah karena gangguan cuaca atau perkiraan waktu yang kurang tepat.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI