Tampilkan di aplikasi

Trik belanja hura-hura, tanpa bikin dompet bolong

Tabloid NOVA - Edisi 1690
14 Juli 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1690

Kita pasti pernah yang namanya belanja barang cuma karena pengin, bukan karena butuh. Enggak boleh? Boleh, kok, asal tahu caranya.

NOVA
Saat suntuk selama di rumah, scrolling platform berbagai produk di e-commerce dan media sosial sering jadi pelarian yang menyenangkan. Ya, melihat barang-barang indah dan unik dengan harga diskon gila-gilaan, benar-benar menghibur. Sungguh memanjakan mata dan pikiran. Bahkan, kita bisa menghabiskan banyak waktu menatap layar gawai untuk sekadar cuci mata.

Biasanya kalau sudah begini, sih, dari niat awal cuma pengin lihat-lihat hilangin bosan, eh, lanjut masukin ke keranjang dan order barang. Ya, biar harga barang hanya Rp50.000-an, kalau satu bulan bisa lebih dari 10 kali belanja, kan, bisa jadi boros juga. Belum ditambah jasa kirimnya. Rekening bisa terancam, nih.

Apalagi, kalau memang kondisi keuangan kita sedang pas-pasan— pemasukan berkurang atau bisnis sedang goyang. Tapi, apa, iya, kita tak boleh belanja “hura-hura” sama sekali? Boleh, kok. Asal direncanakan dalam anggaran keuangan. Ya, memang, sih, kita tahu bahwa belanja hura-hura ini (istilahnya belanja impulsif) cenderung bersifat dadakan. Tapi kalau kita sudah mengenali diri sendiri, yang dadakan seperti ini sebenarnya bisa kita antisipasi.

Ingat, kita yang mengedalikan uang, bukan uang yang mengendalikan kita. “Merencanakan keuangan itu memberikan kebebasan kita untuk menempatkan pos-pos keuangan sesuai dengan keinginan kita. Karena kita juga punya kebutuhan. Jangan sampai juga kita melakukan perencanaan keuangan terus kita jadi pelit sama diri sendiri. Jadi tidak bisa beli ini dan itu, alhasil tidak bisa menikmati hidup,” ujar Rista Zwestika, S.Sos., AWP, CFP., financial planner Finansialku.com. Terus bagaimana caranya agar hati senang dan dompet aman?
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI