Tampilkan di aplikasi

Virus corona bisa “beterbangan”? kuncinya ada di sirkulasi udara

Tabloid NOVA - Edisi 1691
21 Juli 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1691

Informasi terbaru, virus corona bisa menular lewat udara. Berarti, tidak cukupkah kita sekadar pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak?

NOVA
Mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, memakai masker, sudah sering kita dengar sebagai langkah-langkah dasar mencegah penyebaran virus corona melalui droplet (percikan air ludah). Baik secara langsung dari orang yang terinfeksi atau melalui barangbarang yang terkontaminasi. Namun, bagaimana bila virus Covid-19 ini bisa menyebar lewat udara? Tak ubahnya virus flu?

Asal tahu saja, badan kesehatan dunia (WHO) sejak awal memang telah menyatakan bahwa virus SARS Cov-2 bisa menyebar melalui udara (airborne) atau aerosol (partikel halus padat atau cairan dalam gas atau udara). SARS Cov- 2 ini adalah nama virus yang menyebabkan penyakit Covid-19. Awalnya, hal ini hanya dimungkinkan terjadi pada suatu keadaan yang di dalamnya terdapat tindakan atau prosedur medis di rumah sakit. Seperti tindakan pemasangan selang alat bantu napas yang membuat semua saluran napas terbuka sehingga virus mudah “beterbangan” dan menjadi aerosol.

Inilah risiko yang dihadapi tenaga medis. Namun, penelitian barubaru ini menyatakan bahwa ada kemungkinan transmisi virus SARS Cov-2 dapat terjadi melalui udara tanpa ada tindakan atau prosedur medis yang menghasilkan aerosol. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh pada cara pencegahan dan pengendalian terhadap Covid-19. Sebab, transmisi airborne dan droplet sangat berbeda.

Sehingga cara mencegahnya pun bisa berbeda. Melayang di Tempat Tertutup Berdasarkan penelitian, terjadinya suatu penularan airborne tanpa terjadinya prosedur medis dikarenakan adanya microdroplet yakni droplet halus yang berterbangan di udara menjadi aerosol. Microdroplet bisa keluar dari seseorang ketika berbicara, batuk, atau bersin
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI