Tampilkan di aplikasi

Kembangkan hobi di era new normal, stres hilang, uang (bisa) datang

Tabloid NOVA - Edisi 1691
21 Juli 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1691

Kalau Anda sudah mulai jenuh berlebihan, segera obati. Tak usah ke dokter, lakukan saja kegiatan menyenangkan di rumah. Apa saja?

NOVA
Pandemi Covid-19 memang memaksa kita untuk tinggal di dalam rumah lebih lama demi memutus rantai penyebaran virus. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan sejak April dan terus diperpanjang juga membuat kita tak leluasa bergerak. Efeknya, banyak orang yang kemudian merasa stres.

Tapi setelah sekian bulan berjalan, stres justru mengubah banyak orang menjadi kreatif. Mereka tidak lagi jadi “kaum rebahan” atau sibuk dengan pekerjaan rumah tangga yang terus berdatangan. Ya, banyak orang mulai melakukan berbagai kegiatan dan mengembangkan hobi. Salah satunya Yuliana (33), yang akhirnya memanfaatkan waktu luangnya di rumah dengan mengasah kembali skill memasaknya.

Dia sangat senang karena berhasil membuat beberapa jajanan yang biasa dibeli di abang-abang tentunya jadi lebih bersih dan sehat. Tak lupa, resep yang bertebaran di aplikasi TikTok pun dia coba, sebab mudah, katanya. Tak heran, memang, sebagian besar dari kita, jadi memiliki lebih banyak waktu. Data Orami Parenting menunjukkan, selama di rumah saja working mom cukup mengalami perubahan yang signifikan. Sebanyak 35 persen dari mereka kembali memiliki waktu lebih untuk menjalankan hobi seperti memasak yang grafiknya naik hingga 68 persen per April 2020.

Tambah Skill Tentu tujuan utama Yuli bukan sekadar mengusir rasa bosan. Ada yang lebih krusial yakni selama pandemi dia takut untuk jajan di luar. Padahal, sebelumnya kulineran jadi hal yang wajib dilakukan. Kini, dia berubah haluan dan lebih memilih memasak jajanannya sendiri dibanding jajan di luar. Berbeda dengan Yeti Herlinawati (35) yang mulai membeli akuarium hingga mengoleksi ikan hias untuk sarana penghilang rasa bosan dan stres.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI