Tampilkan di aplikasi

Skincare di masa new normal, di luar atau dalam rumah, kulit butuh perawatan

Tabloid NOVA - Edisi 1693
5 Agustus 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1693

Sebagian di rumah saja dan sisanya sudah bepergian. Tapi bagi keduanya perawatan kulit adalah kewajiban. Jangan sampai diabaikan atau hal buruk akan kejadian.

NOVA
Setelah pandemi corona datang dan bikin setiap orang harus di rumah saja, kini sebagian masyarakat sudah mulai keluar rumah di masa new normal. Masa di mana kita beradaptasi terhadap kondisi pandemi ini pun menghadirkan sederet kebiasaan baru. Paling utama adalah kebiasan di mana kita menaati protokol kesehatan personal yang bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona. Tentu tujuannya untuk kebersihan, tetapi kebiasaan ini secara tak langsung juga memengaruhi kesehatan kulit perempuan.

Hal yang paling utama dan terus digalakkan adalah penggunaan masker yang menjadi wajib saat bepergian. Masker yang digunakan dalam jangka waktu yang panjang tentu akan menimbulkan masalah kulit seperti jerawat, iritasi, hingga alergi. Lalu, baik di luar atau di dalam rumah, setiap orang harus rajin mencuci tangan. Baiknya tentu dengan sabun dan air. Tetapi, jika tidak ada berarti menggunakan hand sanitizer. Rupanya, sabun ataupun hand sanitizer memiliki efek samping pada kesehatan kulit tangan.

“Pada sebagian orang, pemakaian hand sanitizer bisa menimbulkan berbagai masalah seperti kulit tangan menjadi kering, pecah-pecah, perih, hingga mencetuskan beberapa penyakit peradangan kulit seperti hand eczema (eksim tangan),” ujar dr. Arini Astari Widodo, SpKK., dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Abdi Waluyo saat dihubungi NOVA belum lama ini.

Tak hanya tangan, kebiasaan baru pun berpengaruh pada tubuh secara keseluruhan, mulai dari rambut, badan, hingga kaki. Pasalnya, setiap pulang bepergian atau dari luar rumah dan mungkin terpajan virus corona, setiap orang harus mandi dan membersihkan dirinya dengan segera. Semakin tinggi intensitas dia beraktivitas di luar rumah, maka makin sering juga dirinya mandi. Semakin lama bersentuhan dengan sabun, maka kulit semakin kering.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI