Tampilkan di aplikasi

Link bodong, sekali klik, tabungan bisa terkuras

Tabloid NOVA - Edisi 1693
5 Agustus 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1693

Sering membuka link dari SMS orang tak dikenal bisa memberi peluang untuk terjadinya pencurian data. Lantas, bagaimana cara meningkatkan keamanan ponsel kita?

NOVA
Kalau dulu SMS “Mama minta pulsa” jadi tren, kini mulai banyak SMS dari nomor tak dikenal yang menawarkan beragam promo, termasuk pinjaman online. SMS promo itu biasanya mencantumkan link, yang kalau diklik bisa merugikan kita. Pada banyak kasus, link itu justru jadi celah bagi hacker jahat untuk mengambil data pribadi di handphone kita.

“Karena literasi digital kita ini masih kurang, jadi orang mudah tertipu dengan pengiriman link itu. Walaupun beberapa SMS memang Cara Sederhana Tingkatkan Keamanan Ponsel benar (bukan bodong), tapi lebih baik kita berhati-hati,” kata Dedi Permadi, Sfaf Khusus Menteri Kominfo Bidang Digital dan SDM.

Dedi menjelaskan, link bodong itu bisa memudahkan hacker mencuri data keuangan kita, yang dicantumkan di media sosial dan e-commerce. Alhasil, peretas jaringan komputer yang berniat jahat jadi punya kesempatan mencuri uang kita. Tabungan pun bisa terkuras. Kata Dedi, “Kita harus tahu dulu itu link seperti apa?

Kalau mau pasang aplikasi, jangan andalkan SMS itu. Lebih baik pasang aplikasi dari sumber terpercaya, yang disediakan di smartphone. Selain itu, saat pasang aplikasi dibaca persyaratannya seperti apa. Jangan, langsung klik persetujuan hanya karena kita malas membaca.” Nah, jadi jangan asal klik link ya!

Cara Sederhana Tingkatkan Keamanan Ponsel

1. Rutin ganti password Sebaiknya lakukan perubahan password secara berkala di media sosial, e-commerce, aplikasi, dan smartphone kita. Ini akan mempersulit pencurian data.
2. Perbarui perangkat lunak Setiap smartphone punya perangkat lunak terbaru sebagai cara mereka meningkatkan keamanan dari kejahatan siber. Jangan malas untuk selalu meng-update.
3. Pasang aplikasi dari Google Playstore atau Apple Store Google Playstore dan Apple Store jadi cara terbaik kita terhindar dari penipuan. Sebab, sebelum pasang aplikasi, kita bisa melihat review pengguna lainnya, sehingga kita tahu kualitas aplikasi tersebut.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI