Tampilkan di aplikasi

Hati-hati, eksim kulit mengintai!

Tabloid NOVA - Edisi 1697
2 September 2020

Tabloid NOVA - Edisi 1697

Eksim kulit bisa terjadi karena bawaan, tapi bisa juga muncul tiba-tiba saat kita dewasa. Bagaimana cara mengobatinya?

NOVA
Tidak keluar rumah, tidak terpapar debu, kulit di area tangan malah tibatiba kering, merah, dan gatalnya, ampun deh. Benar-benar bikin enggak nyaman. Bukannya lancar beraktivitas, kita malah sibuk garuk-garuk. Belum lagi kalau terkena keringat, rasanya makin gatal. Padahal kalau digarus terus lama-lama jadi perih karena kulitnya lecet.

Kalau Anda mengalami masalah ini jangan-jangan Sahabat NOVA terkena eksim kulit. Kabarnya, banyak orang yang terkena penyakit kulit ini selama masa adaptasi new normal ini. Kok, bisa, ya? Kering Jadi Rentan. Menurut dr. Arini Astari Widodo, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, eksim atau dermatitis atopik (atopic eczema) adalah penyakit peradangan kulit yang umumnya berawal dari bayi atau anak dan biasanya diturunkan secara genetik.

Namun, kadang-kadang ada juga yang muncul saat dewasa tanpa ada riwayat sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya kelainan imunologi (sistem kekebalan tubuh), gangguan sawar kulit (lapisan pelindung), atau infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Selain itu, gangguan kulit ini juga bisa disebabkan berbagai faktor lainnya, seperti polusi, tungau, bulu binatang, bahan baju, detergen, pewangi, pengharum pakaian, skincare dengan parfum, emulsifier, atau pengawet, hingga keringat.

Ya, keringat mengandung banyak mineral seperti natrium yang saat kering, sisa natriumnya tertinggal di kulit dan dapat mengiritasi kulit dan memperburuk kondisi. “Eksim atopik terjadi akibat adanya pemicu seperti alergen yang kemudian merangsang berbagai sel-sel imun di tubuh yang memicu reaksi alergi, gatal, kering, menimbulkan kemerahan, dan ruam pada kulit.

Seseorang dengan dermatitis atopik, kulitnya lebih mudah mengalami iritasi atau alergi,” ujar dr. Arini pada NOVA. Pada anak dan orang dewasa, eksim ini ditandai dengan ruam merah. Atau ruamnya bisa berwarna lebih gelap dan tebal apabila berulang terus di tempat yang sama dan tidak diobati. Nah, sayangnya pada masa new normal
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI