Tampilkan di aplikasi

Tanya-jawab dokter untuk persiapan kehamilan

Tabloid NOVA - Edisi 1753
24 September 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1753

Jangan sampai kehamilan terjadi tanpa perencanaan, bisa berisiko untuk Anda dan calon anak.

NOVA
Jika Anda dan pasangan tengah merencanakan kehamilan, penting untuk mencatat beberapa persiapannya, ya. Ingat, hamil itu tak boleh asal, lho. Agar kehamilan berjalan lancar sampai persalinan, maka sangat dianjurkan agar kehamilan direncanakan dan dipersiapkan dengan matang. Dengan perencanaan baik sedini mungkin, maka kehamilan Anda bisa terhindar dari risikorisiko yang mungkin bisa berdampak pada kesehatan Anda dan juga calon bayi.

Khususnya di masa yang rentan virus penyakit seperti ini, ibu hamil menjadi kelompok yang rentan terserang infeksi. Makanya, perencanaan dan persiapan kehamilan pun wajib dilakukan sebagai upaya perlindungan. Lantas, bagaimana merencanakan kehamilan yang benar? Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan agar kehamilan berjalan aman? Perlukah tambahan asupan mutivitamin sebelum kehamilan? Nah, agar semua pertanyaan terjawab, yuk simak penjelasan dari dr. Ferry Darmawan, Sp.OG - MIGS., dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, berikut ini.

Kapan waktu yang tepat merencanakan kehamilan? Tentu merencanakan kehamilan adalah kesepakatan berdua. Sebaiknya sudah mulai dibicarakan atau direncanakan dari sebelum menikah. Tapi, kalau sudah menikah baru merencanakan pun tidak apa-apa, yang penting segera setelah menikah mulai direncanakan jumlah anak yang diinginkan dan kapan target terlaksananya. Intinya hindari kehamilan tanpa perencanaan atau tiba-tiba hamil tanpa persiapan.

Siapa saja yang perlu merencanakan kehamilan? Merencanakan kehamilan penting dan ditujukan untuk semua pasangan. Namun, semakin penting pada perempuan yang usianya lebih dari 35 tahun (karena berhubungan dengan cadangan sel telur), perempuan yang memiliki permasalahan nyeri haid, haid tidak teratur, serta masalah dalam berhubungan seksual.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI