Tampilkan di aplikasi

5 tips praktis merawat kucing untuk pemula

Tabloid NOVA - Edisi 1754
1 Oktober 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1754

Memelihara kucing tidak bisa sembarangan, salah-salah kucing bisa tidak bahagia dan jatuh sakit.

NOVA
Memiliki hewan peliharaan memang sangat menyenangkan, serta dianggap mampu mengatasi kesepian dan stres. Selain itu, kita juga jadi merasa memiliki sahabat baru. Nah, salah satu yang sering jadi pilihan adalah kucing.

Namun, sebelum memutuskan merawat kucing, lakukan dulu persiapan khusus untuk memastikan mereka tumbuh dengan baik nantinya, terlebih jika ini kali pertama bagi Anda. Makanya, ada banyak hal yang perlu diketahui untuk memastikan kucing sehat. Tenang, Sahabat NOVA tak perlu khawatir, kok. Kepada NOVA drh. Yusuf Adi Nugroho dari Bandungvet memberikan tipsnya untuk Anda.

1. Pikirkan dengan Matang. Pertama, pastikan keputusan Anda untuk memiliki atau memelihara kucing sudah benar-benar matang. Jangan karena emosi sesaat tiba-tiba Anda mau pelihara hewan, padahal tak memiliki persiapan apa pun. Jika memang secara spontan ingin, coba berikan jeda untuk berpikir setidaknya 2-3 hari. Apakah Anda benarbenar siap merawat kucing tersebut? Ingat, saat memutuskan untuk memelihara, Anda bertanggung jawab tidak hanya soal makanannya, tapi juga kesehatan dan kebahagian si kucing.

2. Perkaya Informasi. Jika sudah yakin untuk memelihara kucing, carilah informasi terkait perwatan kucing sebanyak mungkin. Baik itu dengan bertanya pada orang yang sudah terlebih dahulu merawat kucing, membaca, ataupun berkonsultasi langsung dengan dokter hewan. Pastikan sumbernya benar-benar bisa dipercaya, ya.

3. Bawa Kucing ke Dokter. Sebelum membawa kucing pulang ke rumah, disarankan agar terlebih dahulu melakukan medical check-up untuk mengetahui kondisi kucing. Ini untuk mencegah penularan penyakit zoonosis atau penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya. “Ketika punya hewan, baik beli, adopsi, atau hasil rescue, bawa ke dokter dulu. Karena bisa saja kelihatannya sehat, gemuk, ternyata bawa penyakit,” ujar drh. Yusuf.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI