Tampilkan di aplikasi

Omah Jamu Jeng Ratu, minum jamu sambil berwisata herbal di Yogyakarta

Tabloid NOVA - Edisi 1755
8 Oktober 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1755

Jamu bukan sekadar racikan, tapi harus bisa memiliki dampak positif terhadap orang yang mengonsumsinya.

NOVA
Sahabat NOVA mungkin sudah tidak asing lagi dengan minuman tradisional asli Indonesia satu ini. Jamu memang sejak dahulu sudah dikenal sebagai obat alami, baik untuk penyembuhan ataupun untuk menjaga kesehatan. Hingga saat ini bisa dibilang eksistensi jamu masih terus terjaga. Toh, kita masih dapat menemukan warung jamu atau pedagang jamu gendong di beberapa daerah.

Di Yogyakarta misalnya, kita dapat mengunjungi warung jamu Omah Jamu Jeng Ratu, yang berada di daerah Sleman. Uniknya di sini kita tidak hanya bisa minum jamu saja, tapi kita juga bisa berwisata herbal. Ya, berwisata mengenal aneka tanaman herbal, hingga mengolah sendiri jamu yang diinginkan. “Jadi, sebetulnya saya awalnya mulai berjualan jamu di Semarang 2006. Kebetulan kalau di Semarang, saya ketua Asosiasi Jamu di sana. Sekarang saya mengembangkan sayap di Jogja karena sebagai salah satu pusat jamu. Alhamdulillah, sudah langsung dikenal,” kata Jeng Ratu, pemilik dari Omah Jamu Jeng Ratu.

Di Omah Jamu Jeng Ratu ini setidaknya terdapat 150 tanaman herbal. Semua bibitnya diambil langsung dari balai penelitian tanaman obat. Jika datang bersama rombongan, cukup dengan membayar Rp50.000 saja kita sudah bisa berkeliling wisata herbal sambil belajar meracik jamu dari ahlinya. Makin hemat, karena sudah termasuk makan siang juga, lho.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI