Tampilkan di aplikasi

Agar anak tak sulit bersosialisasi walau di rumah terus

Tabloid NOVA - Edisi 1756
18 Oktober 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1756

“Kamu tadi main dengan siapa?” Kita perlu menanyakan hal ini kepada anak. Memang, apa manfaatnya?

NOVA
Pada dasarnya setiap anak secara alami memiliki kemampuan bersosialisasi, meskipun porsinya berbeda-beda. Ada anak yang mudah berbaur saat bertemu dengan orang yang baru dikenalnya. Sebaliknya, ada anak yang perlu terlebih dulu melihat dan menganalisa lebih dalam, baru kemudian bisa berbaur. Tapi tidak sedikit juga anak yang kesulitan untuk bersosialisasi, terlebih di saat pandemi Covid-19 ini.

Tak bisa dimungkiri minimnya interaksi yang bisa dilakukan oleh anak menghambat kemampuan mereka untuk berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain. Wajar kalau hal ini membuat kita khawatir. Lantas apa yang dapat dilakukan orangtua agar kemampuan sosialisasi anak tetap baik, meskipun dalam situasi serba terbatas seperti sekarang ini?

Sudah Diajarkan? Kepada NOVA, psikolog yang juga dosen dari Universitas Indonesia, Dr. Rose Mini Agoes Salim M.Psi menjelaskan. Pertama, yang orangtua harus ketahui adalah kemampuan sosialisasi untuk berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain ini perlu distimulasi atau diajarkan. “Sosialisasi itu adalah sesuatu yang ada pada diri manusia, tetapi untuk bisa keluar hingga dia bisa melakukannya perlu stimulasi,” ujar psikolong yang biasa disapa Bunda Romi ini.

Sehingga jika hal tersebut tidak dilakukan, maka percuma saja kemampuan anak untuk bersosialisasi tidak dapat berjalan dengan baik. Padahal kecerdasan sosial interpersonal ini adalah skill yang sangat dibutuhkan hingga saat nanti anak dewasa dan bermasyarakat. Kata Bunda Romi, “Kadang-kadang kita lupa untuk menstimulasi. Dalam keadaan normal tidak pandemipun kita lupa. Sehingga yang dikejar kalau di sekolah akademik, matematika kaya gimana, nilainya seperti apa, tapi kita jarang mengajarkan bagaimana cara kita berinteraksi dengan orang lain.”
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI