Tampilkan di aplikasi

Jangan simpan makanan berlemak dalam wadah plastik

Tabloid NOVA - Edisi 1762
26 November 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1762

Makanan berlemak

NOVA
Hindari beberapa hal ini saat menggunakan peralatan makan plastik. Bisa bahaya! Dalam edisi sebelumnya kita telah mengetahui tujuh jenis plastik beserta kodenya. Dari tujuh jenis itu kita tahu, jika hanya beberapa saja yang aman digunakan sebagai wadah makanan. Di antaranya, plastik dengan kode segitiga 1 (polyethylene terephthalate), plastik kode segitiga 2 (high density polyethylene), plastik kode segitiga 4 (low density polyethylene), serta plastik kode segitiga 5 (polypropylene).

Nah, selain kode pada plastik, beberapa hal ini juga penting untuk diperhatikan saat Anda ingin menggunakan wadah plastik untuk makanan. Pasalnya beberapa kebiasaan ini terlihat sepele, namun ternyata bisa berbahaya juga untuk kesehatan. Memang, apa saja yang perlu kita perhatikan?

1. Food Grade

Pertama, saran Dr. Souvia Rahimah, S.TP., M.Sc. pengajar di Prodi Teknologi Pangan Dept. Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran (UNPAD), pilihlah alat makan yang memiliki tanda food grade. Biasanya ada logo gelas dan garpu, artinya dipakai untuk perlengkapan makan. Peralatan makan dengan label ini tidak mengandung bahan yang berbahaya dan aman untuk digunakan untuk makanan.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI