Tampilkan di aplikasi

Kenali tanda demam karena sepsis

Tabloid NOVA - Edisi 1766
27 Desember 2021

Tabloid NOVA - Edisi 1766

Belum lama ini, aktor Chicco Jerikho dikabarkan sakit kritis. Ia terserang sepsis. Apa itu?

NOVA
Aktor kawakan Chicco Jerikho, belum lama ini diketahui kritis akibat terserang sepsis. Beruntung, nyawanya bisa tertolong setelah cepat dilarikan ke rumah sakit. Dalam posting-an di akun Instagramnya, suami Putri Marino ini mengungkapkan jika sebelumnya ia mendadak mengalami demam tinggi sampai 39,3 derajat Celcius.

Padahal, dari pagi sampai sore, ia masih shooting dan olahraga seperti biasa. Lantas, apa sebenarnya sepsis? Dan bagaimana membedakan demam biasa dengan demam karena sepsis? Ada Infeksi. Perlu diketahui dulu bahwa sepsis bukanlah suatu penyakit, namun sebuah kondisi medis. Lebih jelasnya, sepsis adalah kondisi yang terjadi ketika respons tubuh Anda terhadap serangan infeksi merusak jaringannya sendiri. Infeksi bisa terjadi karena bakteri, virus, atau jamur.

Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh akan melindungi kita dari banyak penyakit dan juga beragam infeksi. Akan tetapi, sistem ini mungkin juga mengalami overdrive sebagai respons terhadap infeksi, dan akhirnya menyebabkan peradangan di seluruh tubuh.

Sebenarnya, infeksi apa pun dapat memicu terjadinya sepsis, tetapi jenis infeksi seperti pneumonia, infeksi perut, infeksi ginjal, infeksi aliran darah, dan genitourinaria seperti infeksi saluran kemih lebih cenderung menyebabkan sepsis. Sepsis sendiri jarang menular, tapi tergantung pada agen penyebab sepsisnya.

Jika terjadi, sepsis sangatlah berbahaya dan bisa mengancam jiwa. Dikutip dari Healthline, ada lebih dari 1,5 juta kasus sepsis setiap tahun menurut Pusat Terpercaya Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Asal tahu saja, sepsis ini bisa menyerang orang dewasa, anakanak, hingga bayi, lho. Pasalnya, usia tua dan masa bayi memang jadi faktor risiko yang meningkatkan peluang terjadinya sepsis.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI