Tampilkan di aplikasi

Kiat usaha, 5 trik mainkan harga agar produk dilirik pembeli

Tabloid NOVA - Edisi 1796
22 Juli 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1796

Sudah memakai banyak trik tapi belum berhasil bikin dagangan laris manis? Mungkin strategi harga psikologis bisa jadi solusinya.

NOVA
Sebagai pembeli, apa yang biasa Sahabat NOVA lihat pertama kali dari suatu barang? Selain spesifikasi produk, sering kali kita juga memutuskan pembelian berdasarkan harga. Jika penulisan harga di awal sudah memikat mata, tentu keputusan untuk membeli jadi lebih tinggi juga.

Nah, hal inilah yang perlu disadari juga oleh kita sebagai pelaku usaha. Jika Sahabat NOVA tengah menjalani usaha, maka wajib tahu trik khusus agar harga yang kita pampang bisa menarik perhatian orang. Salah satu trik yang bisa dicoba adalah dengan melakukan strategi harga psikologis (psychological pricing).

Harga psikologis adalah salah satu cara penjualan yang bertujuan menarik minat beli konsumen melalui efek psikologis. Asal tahu saja, alam bawah sadar seseorang bisa memengaruhi keputusan membelinya, lho. Nah, celah inilah yang bisa kita manfaatkan. Tapi, bagaimana caranya? Tak perlu khawatir, berikut beberapa strategi saat menampilkan harga jual yang telah NOVA rangkum dari berbagai sumber. Ada apa saja?

1. Kurangi digit sebelah kiri

Trik penulisan harga yang pertama adalah dengan mengurangi satu digit angka sebelah kiri supaya terlihat lebih murah. Cara ini biasa disebut juga sebagai trik charm pricing. Misalnya, Anda menjual baju seharga Rp100.000. Tapi bagi beberapa orang harga ratusan ribu itu terlalu mahal. Nah, untuk mengatasinya, tanpa harus menurunkan harga jual adalah dengan mengurangi digit sebelah kiri menjadi Rp99.999 atau Rp99.000.

Percayalah akan banyak orang lebih tertarik untuk membeli dengan tawaran harga ini. Sebagai informasi, dalam harga, digit sebelah kiri sangat penting dan cukup efektif untuk memengaruhi pikiran konsumen. Pasalnya, otak bekerja dengan memproses besaran angka sebelum angka selesai dibaca.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI