Tampilkan di aplikasi

Bila anak selalu menangis saat awal masuk sekolah

Tabloid NOVA - Edisi 1796
22 Juli 2022

Tabloid NOVA - Edisi 1796

Tak ada kata terlambat, kita masih bisa mempersiapkan anak agar bisa lebih siap menghadapi lingkungan baru.

NOVA
Momen perdana masuk sekolah menjadi momen yang menyenangkan. Sering kali anak begitu antusias menyambutnya, mulai dari berbelanja perlengkapan hingga mencoba baju seragam. Tapi enggak jarang nih, semangat 45 yang ditunjukan dari rumah saat hendak berangkat ke sekolah, berubah jadi drama. Ya, boro-boro mau masuk kelas, si kecil malah menangis tak mau berpisah dari kita, orangtuanya.

Jangan buru-buru terbawa emosi Sahabat NOVA. Pasalnya, menurut Ayoe Sutomo, M.Psi., Psikolog, psikolog anak, remaja dan keluarga, hal itu sangat wajar. “Kalau masih dalam masa adaptasi saat satu-dua hari anak masih membutuhkan penyesuaian, sehingga anak menangis enggak mau ditinggal, itu masih bisa dipahami.”

Untuk itu, sebaiknya sebelum masuk ke dalam lingkungan baru, baik itu sekolah maupun tempat les, anak sudah dipersiapkan. Kalau saat ini anak Anda sudah masuk sekolah dan masih sering menangis di sekolah, belum terlambat, kok, untuk melatihnya. Anda bisa melakukan tahapan ini dari awal. Berikut ini hal yang bisa kita lakukan agar anak bisa lebih beradaptasi di lingkungan barunya, dan tak lagi menangis saat sekolah.

Ajak si Kecil “Role Play”. Bila saat ini anak belum masuk sekolah, kita dapat mengajaknya ngobrol dan memberikan gambaran kira-kira situasi seperti apa yang akan ia temukan di lingkungan baru tersebut. Ceritakan pada anak halhal yang menyenangkan, seperti dapat bertemu dengan banyak teman dan sebagainya.

Atau kita juga bisa mengajak anak bermain role play untuk memberikan gambaran situasi lingkungan baru tersebut. Misalnya, main sekolahsekolahan dengan menggunakan simulasi boneka. Sehingga setidaknya anak bisa mendapatkan bayangan tentang kondisi dan situasi apa yang akan ia hadapi.
Tabloid NOVA di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI